Kamis, 01 Oktober 2015

Renungan Pesta St. Theresia Kanak-kanak Yesus

Renungan Pesta St. Theresia Kanak-kanak Yesus
Bac I  1Kor 12: 31 – 13: 13; Injil                   Mat 18: 1 – 4;

Hari ini Gereja Semesta mengajak kita merayakan pesta Santa Theresia dari kanak-kanak Yesus. Tema-tema bacaan liturgi hari ini mencoba menjelaskan sosok orang kudus ini. Dalam Injil Tuhan Yesus menyampaikan sebuah pengajaran bahwa sikap seperti anak kecil merupakan tanda orang terbesar dalam Kerajaan Allah. Sikap seperti anak kecil inilah yang dihidupi oleh Santa Theresia. Dalam kehidupannya Santa Theresia tidak hanya menampilkan sikap seperti anak kecil, yang bergantung pada Allah, melainkan juga sikap rendah hati.
Dalam bacaan pertama, yang diambil dari Surat Paulus yang pertama kepada Jemaat di Korintus, Paulus menyampaikan refleksinya atas tiga keutamaan Injil, yaitu iman, harap dan kasih. Bagi Paulus kasih merupakan yang terbesar di antara ketiganya. Dan Paulus mengajak jemaat untuk menghayati kasih dalam kehidupan sehari-hari. Kasih ini juga yang dihidupi Santa Theresia. Dalam kehidupannya, Santa Theresia senantiasa mengungkapkan kasihnya yang murni kepada Tuhan Yesus. Selain terhadap Yesus, Santa Theresia juga menyatakan kasihnya kepada orang lain, teristimewa kepada sesama rekan sebiara serta para misionaris, sekalipun dia sendiri tak pernah bertemu dengan mereka.
Merayakan pesta orang kudus pertama-tama kita diajak untuk mengetahui riwayat kehidupan mereka. Selain itu, kita diajak juga untuk meneladani semangat hidup mereka. Hari ini, kita ditawarkan teladan hidup Santa Theresia. Kita mengetahui bahwa Santa Theresia telah menghayati pesan sabda Tuhan, seperti yang kita dengar hari ini, dalam hidupnya. Oleh karena itu, kita juga hendaknya mengikuti teladannya, khususnya dalam bersikap rendah hati dan hidup dalam semangat kasih.***

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar