Kamis, 24 September 2015

Renungan Hari Kamis Biasa XXV - Thn I

Renungan Hari Kamis Biasa XXV, Thn B/I
Bac I  Hag 1: 1 – 8; Injil            Luk 9: 7 – 9;

Bacaan pertama hari ini menampilkan nubuat Nabi Hagai. Satu pernyataan kunci adalah “Perhatikanlah keadaanmu!” Dua kali frase ini diulang (ay. 5 dan 7). Di sini Hagai mau mengajak orang Israel untuk bercermin diri. Pada waktu itu umat Israel banyak yang hanya memperhatikan diri sendiri sehingga lupa apa yang terpenting, yaitu Rumah Tuhan. Padahal mereka sudah selalu menerima kebaikan Tuhan. Karena itu, lewat seruannya, Hagai mau mengajak bangsa Israel untuk tahu diri.
Bercermin diri ini juga menjadi tema Injil hari ini. Bercermin diri ini terjadi dalam diri Herodes. Dalam Injil hari ini, diceritakan bahwa Herodes gelisah dengan kehadiran sosok Tuhan Yesus, yang dikatakan orang sebagai Yohanes yang bangkit kembali. Kegelisahan Herodes ini beralasan, karena ia takut boroknya kembali diungkit. Jadi, dengan kemunculan Tuhan Yesus, Herodes seakan bercermin diri, dan di sana ia melihat borok-borok dirinya.
Salah satu sifat manusia adalah selalu merasa kurang, sehingga ia selalu berusaha memenuhi keinginan dirinya. Namun sayangnya, sekalipun sudah terpenuhi sifat tersebut membuatnya senantiasa merasa kurang. Sifat ini membuat manusia lupa untuk bersyukur. Sabda Tuhan hari ini pertama-tama mau menyadarkan kita bahwa kita telah begitu banyak menerima rahmat dan berkat dari Tuhan. Akan tetapi sedikit orang yang benar-benar tahu berterima kasih kepada Tuhan. Oleh karena itu, Tuhan menghendaki supaya kita tahu diri dan senantiasa meluangkan waktu untuk Tuhan.***

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar