Kamis, 11 Juni 2015

Renungan Hari Kamis Biasa X - Thn I

Renungan Hari Kamis Biasa X, Thn B/I
Bac I  Kis 11: 21 – 26; 13: 1 – 3; Injil           Mat 10: 7 – 13;

Hari ini Gereja Universal mengajak umatnya untuk memperingati salah satu orang kudusnya, yaitu Santo Barnabas, Rasul. Ia adalah rekan seperjalanan Paulus. Bacaan pertama hari ini secara singkat memberikan cerita tentang karya kerasulan Barnabas. Melalui karyanya, “sejumlah orang dibawa kepada Tuhan.” (ay. 24). Dalam kehadirannya di tengah umat, Barnabas tidak hanya mewartakan Injil dan mengajar, melainkan juga melihat kasih karunia Allah dan menasehati jemaat untuk tetap setia kepada Tuhan.
Apa yang dilakukan oleh Barnabas adalah merupakan pelanjutan perintah Tuhan Yesus kepada para murid. Injil hari ini memuat perintah Tuhan Yesus kepada para murid ketika Ia hendak mengutus mereka. Tuhan Yesus meminta mereka untuk mewartakan Injil, memberikan penghiburan dan peneguhan. Para murid diminta untuk tidak mementingkan kepentingan pribadi atau memikirkan upah, karena semuanya akan diperhitungkan Tuhan. Lagi pula, mereka sudah menerima kuasa dengan cuma-cuma.
Kita adalah murid Tuhan Yesus. Sebagai murid, kita terpanggil untuk melanjutkan karya pengajaran-Nya. Perintah Tuhan Yesus dalam Injil tidak hanya ditujukan kepada para murid zaman dulu, melainkan terus berlanjut hingga kini. Barnabas sudah melanjutkannya. Maka kita pun harus melanjutkan karya perutusan kita dengan mewartakan Injil. Sabda Tuhan hari ini menghendaki supaya kita, dalam menjalani karya perutusan kita, tidak telalu memikirkan kepentingan pribadi atau urusan gaji. Tuhan meminta kita berkarya demi kemuliaan Allah.***
by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar