Rabu, 31 Desember 2014

Renungan Oktaf Natal VII - B

Renungan Oktaf Natal VII, Thn B/I
Bac I    1Yoh 2: 18 – 21; Injil                        Yoh 1: 1 – 18;

Hari ini merupakan oktaf natal yang ketujuh. Hari ini bacaan-bacaan liturgi diambil dari tulisan Yohanes. Bacaan pertama diambil dari Surat Yohanes yang Pertama. Dalam suratnya ini, Yohanes berbicara tentang kemunculan anti-kristus. Yohanes menegaskan bahwa anti-kristus ini berasal dari dalam Gereja (jemaat) sendiri, dan mereka mewartakan dusta tentang Kristus. Yohanes dengan tegas menyatakan bahwa apa yang mereka sampaikan adalah dusta, karena bagi Yohanes “tidak ada dusta yang berasal dari kebenaran.” (ay. 21). Di sini Yohanes mau mengatakan bahwa kebenaran hanya akan melahirkan kebenaran, sedangkan dusta melahirkan dusta. Dan bagi Yohanes, kebenaran itu ada dalam Kristus.

Kebenaran ada dalam Kristus ditekankan juga oleh Yohanes dalam Injilnya hari ini. Dalam Injil Yohanes coba memaparkan secara filosofis kehadiran Allah dalam diri Tuhan Yesus dan peran Yohanes Pembaptis. Dikatakan bahwa pada mulanya adalah Firman. Firman itu adalah Allah, dan Firman itu menjadi Manusia. Dialah Yesus Kristus. Menurut Yohanes, “kebenaran datang oleh Yesus Kristus.” (ay. 17). Hal ini didasarkan pada fakta bahwa Tuhan Yesus sudah melihat Allah dan mengenal-Nya. Tuhan Yesus sudah menyatakan Allah kepada manusia.

Anti-kristus sudah dinyatakan sejak dulu oleh Yohanes dalam suratnya. Bahkan Tuhan Yesus sendiri pernah mengungkapkan hal itu. Menarik untuk disimak bahwa anti-kristus itu muncul dari dalam Gereja sendiri. Mereka adalah orang yang meninggalkan Gereja dan kemudian menyerang Gereja. Ini dapat kita temui hingga saat ini. Sabda Tuhan hari ini mau menyadarkan kita akan keberadaan anti-kristus ini. Tujuannya supaya kita tidak disesatkan olehnya. Melalui sabda-Nya, Tuhan menghendaki agar kita tetap setia pada kebenaran iman yang telah diwariskan oleh para rasul dan para pengganti-pengganti mereka. Dan kebenaran itu hanya ada pada Kristus Yesus.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar