Rabu, 26 November 2014

Renungan Hari Rabu sesudah HR Kristus Raja - Thn II

Renungan Hari Rabu Biasa XXXIV, Thn A/II
Bac I    Why 15: 1 – 4; Injil               Luk 21: 12 – 19;

Dalam bacaan pertama, yang diambil dari Kitab Wahyu, digambarkan penglihatan Yohanes, yang secara implisit, tentang akhir zaman. Jika kemarin Yohanes melukiskan proses awal akhir zaman, hari ini Yohanes memberikan gambaran proses akhir dari akhir zaman itu. Digambarkan ada sekelompok manusia yang masuk ke dalam kebahagiaan abadi. Mereka melambungkan madah kemuliaan bagi Allah yang maha tinggi. Mereka ini adalah orang yang berhasil mengalahkan kekuatan jahat selama hidupnya di dunia.

Masih berkaitan dengan tema akhir zaman, Injil hari ini masih melanjutkan pewartaan Tuhan Yesus kemarin. Sebagaimana yang diketahui, kemarin Tuhan Yesus menyatakan bahwa akhir zaman itu tidak diketahui pasti, sehingga manusia perlu waspada. Hari ini Tuhan Yesus mengungkapkan apa yang akan dialami oleh umat manusia di saat akhir zaman akan tiba, yaitu aniaya dan penderitaan. Di sini Tuhan Yesus mau mempersiapkan mereka supaya tidak perlu cemas dan takut sehingga sampai pada keputusan meninggalkan Tuhan. Yesus memberi jaminan keselamatan bagi mereka yang tetap setia.

Akhir zaman atau biasa dikenal dengan istilah hari kiamat memang menjadi tujuan akhir dari perjalanan hidup manusia. Menjelang akhir perjalanan, kita akan mendapat banyak tantangan, cobaan dan godaan. Tujuannya supaya kesetiaan kita kepada Tuhan menjadi sirna dan akhirnya hilang. Sabda Tuhan hari ini sudah mengingatkan kita akan hal itu. Di sini Tuhan menghendaki supaya kita senantiasa waspada. Kita tak perlu takut bila menghadapi tantangan dan cobaan yang tentu dapat mengalihkan kesetiaan kita. Melalui sabda-Nya, Tuhan meminta kita untuk tetap setia kepada-Nya, sekalipun kita menghadapi situasi yang tidak menyenangkan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar