Rabu, 11 Juni 2014

Renungan Pesta St. Barnabas Rasul

Renungan Pesta Santo Barnabas Rasul
Bac I    Kis 11: 21 – 26, 13: 1 – 3; Injil        Mat 10: 7 – 13;

Hari ini Gereja universal merayakan pesta St. Barnabas. Bacaan pertama secara khusus berbicara tentang Barnabas. Digambarkan dalam bacaan pertama ini bahwa Barnabas merupakan “orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman.” (ay. 24). Dia adalah salah seorang rasul yang berjasa demi penyebaran ajaran Kristus di luar Israel. Barnabas adalah sahabat dan rekan seperjalanan Paulus (ay. 2), meski ada saatnya mereka berpisah. Berkat usaha dan perjuangan Barnabas, banyak orang jadi kenal Injil dan berbalik kepada Tuhan. Barnabas merupakan salah satu tokoh yang telah menunjukkan dedikasinya bagi tugas perutusannya.

Apa yang dilakukan Barnabas, yaitu mewartakan Injil dan meneguhkan umat, adalah merupakan perwujudan dari permintaan Tuhan Yesus. Dalam Injil hari ini terlihat permintaan Yesus kepada para murid-Nya, “Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat!” (ay. 7). Yesus meminta para murid untuk fokus pada tugas ini, tak perlu khawatir soal urusan upah, kekayaan, kenyamanan dan kenikmatan duniawi (ay. 8 – 10). Permintaan Yesus inilah yang dijalani Barnabas.

Merayakan pesta St. Barnabas, kita diajak untuk meneladani semangat hidup orang kudus ini. Bacaan-bacaan liturgi hari ini, selain mau menampilkan sosok Rasul Barnabas, juga menunjukkan keterkaitan antara permintaan Yesus dengan hidup Barnabas. Artinya, Barnabas telah melaksanakan permintaan Yesus. Permintaan Yesus kepada para murid adalah juga permintaan Yesus kepada kita. Melalui sakramen yang kita terima, kita juga terpanggil untuk mewartakan Kerajaan Sorga. Tuhan menghendaki supaya dalam melaksanakan tugas ini kita melaksanakan penuh dedikasi dan pengabdian sebagaimana yang dicontohkan Barnabas.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar