Sabtu, 03 Mei 2014

Renungan Pesta St. Filipus & Yakobus

Renungan Pesta St. Filipus & Yakobus, Thn A/II
Bac I   : 1Kor 15: 1 – 8; Injil         : Yoh 14: 6 – 14;

Hari ini Gereja Universal merayakan pesta Santo Filipus dan Yakobus. Mereka termasuk bilangan para rasul Yesus. Bacaan liturgi hari ini secara istimewa menyinggung kedua tokoh ini. Bacaan pertama, yang diambil dari Surat Paulus yang Pertama kepada Jemaat di Korintus, menyebut nama Yakobus. Paulus mengatakan bahwa setelah kebangkitan-Nya, Yesus menampakkan Diri-Nya kepada Yakobus, lalu kepada semua rasul (ay. 7). Hal ini mau memperlihatkan betapa Yakobus mendapat posisi istimewa.

Sementara Injil menampilkan sosok Filipus. Dalam Injil Filipus ditampilkan sebagai orang yang memiliki keinginan untuk tahu banyak. Dia ingin tahu jalan menuju Bapa, sekalipun sebelumnya Yesus sudah mengatakan bahwa Dia-lah jalan itu. Namun Filipus ingin mempertegas kembali pernyataan Yesus itu, yang dijawab Yesus dengan “kepercayaan”. Artinya, kita menemukan jalan itu jika kita percaya kepada Yesus. Dan inilah yang dihidupi oleh Filipus.

Hari ini kita diajak untuk menghormati dua rasul Yesus, Filipus dan Yakobus, serta meneladani hidup mereka. Melalui sabda Tuhan hari ini, kita dapat mengetahui teladan hidup kedua orang kudus ini, yaitu iman kepercayaan mereka kepada Yesus Kristus. Yesus yang mereka imani adalah Yesus yang bangkit dan Yesus sebagai jalan kebenaran dan hidup. Dengan kata lain, melalui Yesus orang bisa sampai kepada keselamatan. Untuk itulah mereka pergi mewartakan Yesus. Dan kini kita diajak untuk melanjutkan karya mereka.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar