Jumat, 14 Maret 2014

Renungan Hari Jumat Prapaskah I - A

Renungan Hari Jumat Prapaskah I, Thn A/I
Bac I : Yeh 18: 21 – 28; Injil       : Mat 5: 20 – 26

Sabda Tuhan hari ini berbicara soal ajakan untuk selalu berbuat baik. Dalam bacaan pertama, Nabi Yehezkhiel mengajarkan bahwa tobat yang disertai dengan kesetiaan pada ketetapan Allah, melakukan keadilan dan kebenaran, dapat mendatangkan keselamatan, yaitu hidup (ay. 21). Tuhan tidak akan mengingat lagi dosa dan pelanggaran di masa lalu. Akan tetapi, jika umat berbuat dosa, maka Tuhan tidak akan mengingat-ingat kebaikan-kebaikan yang pernah dilakukan. Ini mau menekankan agar umat jangan jatuh ke dalam dosa, selalu berbuat baik dan selalu bertobat.

Yesus juga, dalam Injil hari ini, menekankan ajakan untuk berbuat baik. Malah Yesus menuntut lebih; tidak sekedar baik saja. Yesus tidak berhenti pada tuntutan tidak membunuh, melainkan berlanjut pada permintaan untuk tidak marah atau memfitnah sesama. Intinya, Yesus menghendaki agar para murid-Nya lebih baik dari biasanya.

Masa prapaskah merupakan masa tobat. Pada masa ini kita diajak untuk berefleksi, melihat diri kita sendiri. Apakah hidup keagamaan kita sudah baik atau belum. Sabda Tuhan hari ini mengajak kita, bila hidup keagamaan kita belum baik, maka kita diajak untuk bertobat. Tuhan menghendaki keselamatan dalam hidup kita. Tobat dapat membawa keselamatan itu. Bila kita merasa hidup keagamaan kita sudah baik, Tuhan tetap meminta kita untuk bisa lebih baik lagi.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar