Sabtu, 01 Februari 2014

Renungan Hari Sabtu Biasa III - Thn II

Renungan Hari Sabtu Biasa III, Thn A/II

Tema sabda Tuhan hari ini adalah soal TAKUT. Akan tetapi ketakutan itu dilihat dengan cara yang berbeda dalam kedua bacaan liturgi hari ini. Dalam bacaan pertama Daud dikatakan takut akan murka Allah. Sebelumnya Nabi Natan sudah membuka hati Daud akan dosa dan pelanggaran yang dilakukannya. Hal itu akan mendatangkan murka. Daud percaya akan Allah sehingga ia mengalami ketakutan. Maka itu berpuasa dan bertobat.

Dalam Injil, yang mengalami ketakutan adalah para rasul. Diceritakan bahwa ketika mereka di tengah danau, angin topan melanda danau sehingga ombak besar menerjang. Para rasul ketakutan. Mereka takut mati, meski Yesus ada bersama mereka. Berbeda dengan Daud, ketakutan para rasul ini justru menghilangkan kepercayaan mereka pada Yesus. Sikap inilah yang akhirnya ditegur oleh Yesus. “Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?” (ay. 40).

Rasa takut adalah bagian dari hidup manusia. Setiap orang tentulah memiliki rasa takut. Rasa takut merupakan bagian dari emosi manusia. Setiap manusia, selain dianugerahi emosi, juga diberi akali. Ketakutan yang dominan membuat akal sehat tidak berfungsi. Sabda Tuhan hari ini mengajak kita untuk tidak dikendalikan oleh emosi semata. Kita dapat menggunakan beberapa anugerah ilahi lainnya. Salah satunya adalah iman. Dengan iman kepada Tuhan, kita dapat menghadapi berbagai persoalan hidup dengan tanpa rasa takut. Tuhan justru menghendaki supaya kita membangun sikap takut hanya kepada Dia.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar