Rabu, 12 Februari 2014

Kebiasaan Fisiologis Bayi

BAHAYA YANG UMUM DALAM MEMBENTUK KEBIASAAN FISIOLOGIS
Kebiasaan Makan
Bayi yang menetek terlampau lama menunjukkan tanda-tanda tegang. Mereka lebih lama terlibat dalam kegiatan mengisap lainnya (seperti mengisap ibu jari), lebih banyak mengalami kesulitan tidur dan lebih gelisah daripada bayi yang periode meneteknya lebih singkat. Kalau terlambat disapih, bayi cenderung mengisap ibu jari sebagai pengganti puting susu ibu. Bayi juga akan menolak makanan yang agak padat kalau makanan agak keras terlampau cepat diperkenalkan, bukan karena rasanya melainkan karena kekerasannya.

Kebiasaan Tidur
Menangis, permainan yang berat dengan orang dewasa atau kegaduhan dapat membuat anak menjadi tegang dan sulit tidur. Jadwal tidur yang tidak memenuhi persyaratan membuat bayi tegang dan menolak tidur.

Kebiasaan Pembuangan
Kebiasaan ini tidak dapat dibentuk sebelum saraf dan otot-otot berkembang dengan baik. Mencoba melatih pembuangan terlampau awal membuat bayi tidak mau bekerja sama dalam membentuk kebiasaan ini kalau ia sudah matang nantinya. Sebaliknya, penundaan melatih pembuangan mengakibatkan kebiasaan yang tidak teratur dan kurangnya motivasi. Mengompol merupakan hal yang umum bila latihan tidak dilakukan sesuai dengan kesiapan perkembangan bayi.

sumber: Elizabeth B. Hurlock, PSIKOLOGI PERKEMBANGAN: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (edisi 5). Jakarta: Erlangga, 1980, hlm. 97

Tidak ada komentar:

Posting Komentar