Sabtu, 11 Januari 2014

Renungan Hari Sabtu sesudah Penampakan

Renungan Hari Sabtu sesudah Penampakan, Thn A/II
Bac I   : 1Yoh 5: 14 – 21; Injil      : Yoh 3: 22 – 30

Yohanes, dalam suratnya yang pertama, mengingatkan pembacanya “bahwa kita berasal dari Allah.” (ay. 19). Karena itu, Yohanes mengajak umat untuk menaruh kepercayaan kepada Allah, dalam hal ini Yesus Kristus. Bagi Yohanes, Yesus sudah mengajarkan kita untuk mengenal Bapa dengan baik dan benar (bdk. ay. 20). Untuk itu, hendaknya kita berserah diri kepada-Nya. Dengan tegas Yohanes mengajak pembaca untuk mewaspadai segala bentuk berhala (ay. 21).

Mewaspadai berhala ini juga yang diajarkan Yohanes Pembaptis kepada muridnya. Setelah sekian lama mereka mengikuti dan merasakan popularitas Yohanes, mereka jatuh kepada sikap pengkultusan diri Yohanes, guru mereka. Karena itu, ketika melihat Yesus dan para murid-Nya melakukan sesuatu seperti yang dilakukan oleh gurunya, mereka seakan merasa tersaingi. Mereka berharap Yohanes Pembaptis bertindak sesuai dengan harapan. Namun yang terjadi, Yohanes menunjukkan sikap rendah hatinya. “Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.” (ay. 30). Yohanes mengajak para muridnya untuk menghindari berhala dengan mengkultuskan dirinya.

Sabda Tuhan hari ini mengajak kita untuk menghindari segala bentuk berhala. Salah satunya adalah kultus individu, baik itu terhadap orang lain maupun terhadap diri sendiri. Tuhan menghendaki supaya kita tetap menaruh kepercayaan kepada Yesus Kristus.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar