Minggu, 26 Januari 2014

Renungan Hari Minggu Biasa III - A

Renungan Hari Minggu Biasa III, Thn A/II
Injil     : Mat 4: 12 – 23

Bacaan pertama dan Injil hari ini memiliki keterkaitan langsung. Nubuat Nabi Yesaya dalam bacaan pertama diulangi Matius dalam Injilnya. Ini mau menunjukkan bahwa Yesus merupakan pemenuhan nubuat tersebut. Salah satu inti dari nubuat itu adalah bahwa Yesus akan menjadi Terang (Yes 9: 2; Mat 4: 16). Terang itu akan datang menerangi kegelapan. Orang yang tinggal dalam kegelapan akan menikmati terang itu. Ini berarti keselamatan.

Kisah Injil masih dilanjutkan dengan cerita pemanggilan Petrus dan Andreas. Sebelumnya dikatakan bahwa Yesus adalah Terang, yang berarti keselamatan. Dengan kata lain, Yesus datang untuk membawa keselamatan. Kisah panggilan Petrus dan Andreas ini masih berkaitan dengan keselamatan itu. Mereka dipanggil untuk menjadi penjala manusia. Artinya, mereka diminta untuk juga menyelamatkan umat manusia. Karena itu, Injil hari ini dapat dibaca sebagai berikut: Yesus, yang adalah keselamatan, memanggil Petrus dan Andreas untuk menyelamatkan manusia.

Dalam bacaan kedua, Paulus, dalam suratnya yang pertama kepada umat di Korintus, merefleksikan sosok Yesus sebagai Terang tadi. Bagi Paulus, kita yang sudah menerima terang, hendaklah tetap tinggal dalam terang itu. Paulus menghimbau jemaat untuk tidak kembali dalam kegelapan. Salah satu kegelapan yang muncul pada saat itu adalah perselisihan. Pangkal perselisihan adalah soal egoisme. Paulus mengajak jemaat untuk meninggalkan semua itu, karena Kristus adalah satu dan tak terbagi.

Bacaan liturgi hari ini sangat bagus untuk menjadi bahan permenungan kita saat ini. Kita disadarkan bahwa Yesus Kristus adalah keselamatan. Dia adalah Terang dalam kegelapan. Tuhan menghendaki agar keselamatan itu benar-benar dapat dinikmati oleh semua umat manusia. Oleh karena itu, Tuhan membutuhkan diri kita. Tuhan meminta kita untuk ambil bagian membawa Terang keselamatan itu di tengah kehidupan sehingga orang lain pun dapat merasakannya. Untuk itu, hendaklah kita selalu hidup dan tinggal dalam Terang itu; bukan dalam kegelapan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar