Rabu, 29 Januari 2014

Pola Bermain Bayi

POLA BERMAIN YANG UMUM DARI MASA BAYI
Sensomotorik
Ini adalah bentuk permainan yang paling awal dan terdiri dari tendangan, gerakan-gerakan mengangkat-angkat tubuh, bergoyang-goyang, menggerak-gerakkan jari jemari tangan dan kaki, memanjat, berceloteh dan menggelinding.

Menjelajah
Dengan berkembangannya koordinasi lengan dan tangan, bayi mulai mengamati tubuhnya dengan menarik rambut, menghisap jari-jari tangan dan kaki, memasukkan jari-jari ke dalam pusar dan memainkan alat kelamin. Mereka mengocok, membuang, membanting, menghisap dan menarik-narik mainan dan menjelajah dengan cara menarik, membanting dan merobek benda-benda yang dapat diraihnya.

Meniru
Dalam tahun kedua, bayi mencoba meniru kelakuan orang-orang yang di sekitar mereka, seperti membaca majalah, menyapu lantai atau menulis dengan pensil atau krayon.

Berpura-pura
Selama tahun kedua, kebanyakan bayi memberikan sifat kepada mainnya seperti sifat-sifat yang sesungguhnya. Boneka-boneka hewan diberi sifat hewan sungguhan sama halnya boneka atau mobil-mobilan dianggap seperti orang atau mobil.

Permainan
Sebelum berusia satu tahun bayi memainkan permainan-permainan tradisional seperti “ciluk ba”, “petak umpet” (sembunyi-sembunyian) dan sebagainya. Biasanya dilakukan bersama orang tua, nenek atau kakak-kakak.

Hiburan
Bayi senang dinyanyikan, diceritai dan dibacakan dongeng-dongeng. Kebanyakan bayi menyenangi siaran radio dan televisi dan melihat gambar-gambar.

sumber: Elizabeth B. Hurlock, PSIKOLOGI PERKEMBANGAN: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (edisi 5). Jakarta: Erlangga, 1980, hlm. 90


Tidak ada komentar:

Posting Komentar