Senin, 16 Desember 2013

Renungan Hari Senin Adven III - A

Renungan Hari Senin Adven III, Thn A/II
Bac I   : Bil 24: 2 – 7, 15 – 17a; Injil      : Mat 21: 23 – 27

Injil hari ini mengisahkan sedikit “perdebatan” antara Yesus dengan imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi. Mereka ini masuk ke dalam golongan orang yang menguasai ilmu agama dan kitab Taurat. Mereka mempertanyakan asal kuasa Yesus. Untuk menjawab pertanyaan itu, Yesus mengajukan pertanyaan balik. Dari jawaban itu, mereka akan tahu jawaban atas pertanyaan yang mereka ajukan. Sebenarnya mereka tahu jawabannya, namun mereka tidak mau menjawab. Mereka ibarat orang yang matanya terbuka tapi tidak melihat.

Berbeda dengan gambaran Nabi Bileam dalam bacaan pertama. Dikatakan bahwa Bileam merupakan “orang yang terbuka matanya.” (ay. 3), sekalipun ia rebah, namun matanya masih tersingkap sehingga ia tetap melihat.  Dengan hati terbuka inilah Bileam dapat melihat penglihatan dari Allah.

Dewasa ini banyak manusia tidak buta, tapi mereka tidak bisa melihat. Sama seperti yang dinubuatkan Yeremia (5: 21) dan Yehezkiel (12: 2). Sabda Tuhan hari ini mau mengajak kita untuk bersikap seperti Bileam, bukan seperti para imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi. Kita diminta untuk untuk membuka hati agar bisa melihat dengan mata hati. Dengan ini kita dapat mengetahui kehendak Allah dalam kehidupan kita.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar