Sabtu, 21 Desember 2013

Renungan Hari Sabtu Adven III - A

Renungan Hari Sabtu Adven III, Thn A/II
Bac I   : Zef 3: 14 – 18a; Injil       : Luk 1: 39 – 45

Tema sabda Tuhan hari ini adalah sukacita dalam Tuhan. Dalam bacaan pertama dikisahkan bagaimana Tuhan, melalui mulut Nabi Zefanya, mengajak umat Israel untuk bersukacita. Sukacita itu terjadi karena pembebasan. Umat Israel sudah diperbaharui dalam kasih Allah. Tidak ada alasan lagi untuk merasa takut, karena Tuhan senantiasa menyertai umat-Nya.

Sukacita juga terdapat dalam kisah Injil hari ini. Pertama sekali sukacita itu tampak dalam diri Maria dan Elisabeth. Sukacita kedua wanita ini dirasakan juga oleh janin dalam rahim Elisabeth, sehingga “melonjaklah anak yang di dalam rahimnya.” (ay. 41). Dalam Injil ini mau disampaikan bahwa sukacita yang dirasakan Maria, dirasakan juga oleh Elisabeth dan janinnya.

Hari ini Tuhan, melalui sabda-Nya, mau mengajak kita untuk bersukacita dalam-Nya. Alasan sukacita itu adalah bahwa Tuhan senantiasa mencintai kita. Sekalipun kita berdosa, Allah tetap mencurahkan kasih-Nya. Kasih Allah akan membaharui kita. Namun satu hal yang perlu disadari adalah bahwa Allah menghendaki supaya sukacita yang kita alami dan rasakan itu hendaknya dibagikan juga kepada sesama. Tuhan menghendaki agar kita berbagi sukacita.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar