Jumat, 20 Desember 2013

Renungan Hari Jumat Adven III - A

Renungan Hari Jumat Adven III, Thn A/II
Bac I   : Yes 7: 10 – 14; Injil         : Luk 1: 26 – 38

Dalam bacaan pertama hari ini, Yesaya memberikan ramalannya akan kehadiran Yesus, yang adalah Immanuel. Ramalan Yesaya ini mau menunjukkan kepada Raja Ahas dan juga kepada umat manusia bahwa Allah tidak tinggal diam. Allah sangat peduli akan nasib umat-Nya. Pada waktu itu ada kesan bahwa orang Israel meragukan Allah dan berpikir bahwa Allah melupakan serta meninggalkan mereka.

Ramalan Nabi Yesaya itu (7: 14) terpenuhi dalam diri Maria dan bayi dalam rahimnya, yang dikisahkan dalam Injil hari ini. Injil mengisahkan bahwa untuk mewujudkan rencana-Nya atas hidup manusia, Allah membutuhkan kerja sama dengan manusia. Yang dipilih-Nya adalah perempuan muda, yang bernama Maria. Kerendahan hati Maria dalam menerima tawaran kerja sama Allah ini berkenan di hadirat Allah.

Sabda Tuhan hari ini mau mengatakan kepada kita bahwa Allah tidak meninggalkan umat-Nya. Allah tetap mencintai kita dan ingin menyelamatkan kita. Akan tetapi untuk rencana keselamatan itu, Allah membutuhkan kerja sama dengan kita, manusia. Hal ini memang sudah terjadi pada Yesus. Namun saat ini pun kita tetap diharapkan kerja samanya untuk menjawab tawaran keselamatan Yesus Kristus. Salah satu wujud kerja sama itu adalah iman akan Dia.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar