Senin, 25 November 2013

Renungan Hari Senin sesudah HR Kristus Raja - Thn I

Renungan Hari Senin sesudah Kristus Raja, Thn C/I
Bac I   : Dan 1: 1 – 6, 8 – 20; Injil           : Luk 21: 1 – 4

Sabda Tuhan hari ini memiliki tema tentang pemberian diri. Dalam bacaan pertama, pemberian diri itu ditunjukkan oleh Daniel, orang Yehuda yang ditawan di Babel. Daniel memberikan dirinya kepada Allah. Pemberian diri itu lahir dari hatinya, sehingga menimbulkan keteguhan hati. Daniel tidak mau bersekutu dengan Raja Babel, sekalipun untuk itu dia akan mendapatkan kenikmatan duniawi. Daniel tidak mau mencemarkan Allah.

Dalam Injil pemberian diri itu tampak dalam sosok janda miskin yang memasukkan dua peser ke dalam peti persembahan. Itu merupakan persembahan dirinya. Dan Yesus melihat bahwa persembahan janda miskin itu merupakan yang terbesar dibandingkan persembahan orang kaya. Persembahan janda miskin itu merupakan pemberian dirinya; pemberian yang lahir dari hati. Hidupnya dipersembahkannya.

Sabda Tuhan hari ini mau mengajarkan kepada kita soal memberi. Kita diajak untuk mau memiliki semangat memberi seperti dua tokoh dalam bacaan hari ini, yaitu Daniel dan Janda miskin. Intinya adalah hati. Hendaknya kita memberi, entah itu sesuatu dari diri kita maupun diri kita sendiri, dengan sepenuh hati. Jangan memikirkan diri sendiri ketika kita memberi. Kita dapat juga belajar dari Tuhan kita Yesus Kristus. Pemberian Diri-Nya yang total ada di kayu salib, bukan untuk Diri-Nya sendiri, melainkan untuk kita.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar