Sabtu, 30 November 2013

Renungan Pesta St. Andreas Rasul - C

Renungan Pesta St. Andreas Rasul, Thn C/I
Bac I   : Rom 10: 9 – 18; Injil       : Mat 4: 18 – 22

Hari ini adalah pesta Santo Andreas, Rasul. Bacaan Injil mengisahkan panggilan Andreas menjadi murid Yesus. “Mari, ikutilah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” (ay. 19). Ini berarti Andreas dan rasul lain yang dipanggil Yesus memiliki tugas untuk keselamatan manusia. Keselamatan itu datang dari Yesus; dan tugas para rasul adalah mewartakan Dia.

Inilah yang diungkapkan Paulus dalam bacaan pertama. Dalam suratnya kepada jemaat di Roma, Paulus mengatakan bahwa keselamatan datang dari iman kepada Yesus. Artinya orang harus percaya kepada-Nya. Namun, agar orang lain bisa percaya maka harus ada yang mewartakan Dia (ay. 14). Inilah dasar ke-rasul-an Paulus. Dia harus mewartakan Yesus agar orang lain mendengar dan percaya sehingga mereka mendapat keselamatan. Sebab “iman timbul dari pendengaran...” (ay. 17).

Sabda Tuhan hari ini mau menyadarkan kita akan tugas perutusan kita sebagai ‘rasul’ Kristus. Kita juga punya tugas untuk mewartakan Kristus. Inilah yang dikehendaki Tuhan lewat sabda-Nya. Kita diajak untuk mewartakan hidup dan perkataan Yesus agar orang lain mendapat keselamatan. Di sini tampak jelas bahwa kita yang sudah mendapat keselamatan karena sudah percaya kepada-Nya, dipanggil untuk membagikan keselamatan itu kepada sesama lewat pewartaan. Jadi, keselamatan yang Tuhan berikan kepada kita janganlah dinikmati sendiri.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar