Jumat, 29 November 2013

Renungan Hari Jumat sesudah HR Kristus Raja - Thn I

Renungan Hari Jumat sesudah HR Kristus Raja, Thn C/I
Bac I   : Dan 7: 2 – 14; Injil           : Luk 21: 29 – 33

Dalam Injil hari ini, lewat perumpamaan pohon ara, Yesus mengajak para murid-Nya untuk bisa membaca tanda-tanda zaman. Dengan kemampuan membaca tanda-tanda zaman ini, para murid akan dapat mengetahui kedatangan kerajaan Allah. Dengan demikian mereka akan mendapatkan keselamatan.

Kemampuan membaca tanda-tanda zaman diperlihatkan oleh Daniel dalam bacaan pertama. Di sana dikatakan bahwa Daniel melihat sebuah penampakan. Ada begitu banyak hal yang bisa dijelaskan dalam kisah penglihatan itu. Namun satu hal yang harus diingat adalah soal kehancuran kesombongan di hadapan Allah. Ini menyiratkan bahwa Allah tidak berkenan pada kesombongan atau keangkuhan. Allah berkenan pada kerendahn hati dan kelamah-lembutan, yang tampak dalam sosok anak manusia.

Sabda Tuhan hari ini mau mengajak kita untuk belajar membaca tanda-tanda zaman. Bacaan pertama memberikan pelajaran berharga. Di sana dikatakan bahwa Allah tidak suka akan kesombongan. Ini menunjukkan bahwa Tuhan menghendaki supaya kita bersikap rendah hati. Bahwa Allah berkenan pada orang yang rendah hati, sudah terungkap dalam kidung Maria (Luk 1: 46 – 55).

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar