Senin, 28 Oktober 2013

Renungan Pesta St. Simon & Yudas, Rasul - C

Renungan Pesta St. Simon & Yudas, Thn C/I
Bac I   : Ef 2: 19 – 22;  Injil  : Luk 6: 12 19

Hari ini adalah pesta Rasul Simon dan Yudas. Keduanya termasuk dalam bilangan duabelas rasul Yesus. Mereka ini adalah orang pilihan Yesus, sebagaimana yang diceritakan dalam Injil hari ini (ay. 13). Pilihan ini bukan didasarkan pada prestasi, prestise atau kehebatan apapun. Semuanya mutlak karena pilihan Yesus. Mereka inilah yang kelak melanjutkan pengajaran Yesus ke seluruh penjuru dunia.

Bagi Paulus, dalam bacaan pertama, para rasul merupakan dasar Gereja (ay. 20). Gereja merupakan perkumpulan keluarga Allah. Karena disatukan oleh pengajaran para rasul, maka sekat-sekat pemisah dalam keluarga tersebut harus disingkirkan. Semua orang menjadi satu keluarga, “kawan sewarga” (ay. 19).

Sabda Tuhan hari ini menyadarkan kita bahwa kita, oleh pengajaran para rasul, menjadi satu keluarga. Yesus Kristus sebagai kepalanya. Karena itu, Tuhan menghendaki supaya kita menyingkirkan sekat-sekat pemisah di antara kita, misalnya seperti status sosial, ekonomi, ras, golongan bahkan agama. Kita hendaknya menerima sesama kita dalam keluarga Allah ini tanpa memandang statusnya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar