Kamis, 10 Oktober 2013

Renungan Hari Kamis Biasa XXVII-C

Renungan Hari Kamis Biasa XXVII, Thn C/I
Bac I   : Mal 3: 13 – 20a; Injil      : Luk 11: 5 13

Sabda Tuhan hari ini mau memberikan gambaran tentang Allah. Dalam Injil, lewat perumpamaan, Yesus menegaskan bahwa Allah itu mahabaik. Dia senantiasa memperhatikan umat-Nya. Namun kepada umat diminta untuk dating dan meminta kepada-Nya. “Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapatkan dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.” (ay. 10). Ini berarti harus ada usaha dan perjuangan, bukan berdiam diri saja.

Dalam bacaan pertama disampaikan bahwa ada umat yang berpikiran bahwa percuma beribadat kepada Tuhan. Sering mereka melihat ada banyak orang fasik yang hidupnya mujur dan bahagia. Dari sini disimpulkan bahwa Allah pilih kasih. Namun Maleakhi menegaskan bahwa Allah itu mahabaik. Ia mengungkapkan bahwa Allah mengasihi umat-Nya “sama seperti seseorang yang menyayangi anaknya yang melayani dia.” (ay. 17).

Dalam kehidupan kita juga sering melihat orang jahat yang kaya, hidup sukses, sementara orang baik merana bahkan cepat mati. Sehingga tak jarang kita meragukan kebaikan Tuhan. Namun sabda Tuhan hari ini tetap menyadarkan kita bahwa Allah itu mahabaik. Dia tetap memperhatikan kita dengan cara-Nya, bukan dengan cara kita.


by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar