Selasa, 27 Agustus 2013

Renungan Hari Selasa Biasa XXI-C

Renungan Hari Selasa Biasa XXI, Thn C/I
Bac I   : 1Tes 2: 1 – 8; Injil            : Mat 23: 23 – 26

Sabda Tuhan hari ini memiliki kesamaan pesan dalam pertentangan berita. Paulus dalam suratnya yang pertama kepada Jemaat di Tesalonika, dalam bacaan pertama hari ini, mengungkapkan sharing pengalamannya dalam mewartakan Injil Kristus. Paulus mengatakan bahwa dalam mewartakan Injil ini dirinya “telah dianiaya dan dihina.” (ay. 2). Lebih lanjut Paulus menegaskan bahwa tugas pewartaan ini dilakukannya dengan tulus hati (ay. 3), demi “menyukakan Allah,” (ay. 4), tidak dengan “bermulut manis” (ay. 5), serta tidak “mempunyai maksud loba yang tersembunyi.” (ay. 5).

Bertentangan dengan bacaan pertama, Injil mewartakan kecaman Yesus terhadap para ahli Taurat dan kaum Farisi, yang memiliki sikap yang berbeda dari Paulus. Mereka melaksanakan tugasnya dengan tidak tulus hati, hanya bermulut manis supaya dipuji orang, serta memiliki maksud loba yang tersembunyi. Bagi Yesus, sumber kebobrokan mereka ada dalam hati. Karena itulah Yesus menghendaki supaya mereka terlebih dahulu membersihkan bagian dalam dirinya (ay. 26).

Hari ini Tuhan mau membongkar kedok kebobrokan manusia jaman kini yang sudah dirasuki oleh budaya hedonis dan konsumtivistik. Dua budaya tersebut membuat banyak manusia tidak murni lagi dalam melakukan karya kasih; selalu ada maksud tersembunyi, yang semuanya demi kepentingan pribadi daripada melayani Tuhan dalam diri sesama. Budaya hedonis dan konsumtivistik membuat manusia berani menjual Kristus demi kekayaan. Karena itu, sabda Tuhan hari ini mau mengajak kita kembali ke semangat kristiani: “menjual kekayaan, demi Kristus!”

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar