Selasa, 20 Agustus 2013

Renungan Hari Selasa Biasa XX-C

Renungan Hari Selasa Biasa XX, Thn C/I
Bac I   : Hak 6: 11 – 24a; Injil      : Mat 19: 23 – 30

Sabda Tuhan hari ini mau berbicara soal iman kepercayaan. Bacaan pertama diawali kisah keraguan Gideon akan kemahakuasaan Allah. Keraguan Gideon ini beralasan, karena pada waktu itu Israel sedang dijajah oleh orang Midian, sementara berdasarkan cerita nenek moyang mereka, Allah itu maha dahsyat. Peristiwa yang dialami Gideon dan orang Israel, membuat mereka meragukan Allah. Ia mempertanyakan apakah Allah masih menyertai mereka. Namun lewat malaikat Tuhan, yang menampakkan diri kepadanya, Gideon akhirnya percaya bahwa Allah tiak meninggalkan mereka.

Keraguan juga melanda para rasul. Ini berawal dari pernyataan Yesus yang menggemparkan bahwa sangatlah susah untuk masuk ke dalam kerajaan Allah. Karena itu, Petrus mewakili para rasul mempertanyakan nasib mereka “yang telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikuti Engkau.” (ay. 27). Apakah ada jaminan? Yesus menenangkan hati mereka dengan jaminan. Namun Yesus mengajak mereka untuk tidak hanya memperhatikan jaminan itu saja, melainkan pada warta keselamatan. “Banyak orang yang terdahulu menjadi yang terakhir, dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu.” 

Sabda Tuhan hari ini menghendaki kita untuk percaya kepada Tuhan dalam setiap peristiwa hidup kita. Percaya kepada Tuhan berarti menyerahkan seluruh hidup kita kepada penyelenggaraan ilahi-Nya. Kita tak perlu lagi dipusingkan akan hal-hal duniawi saja, melainkan aktif mewartakan kebajikan an kebenaran kepada sesama demi tegaknya Kerajaan Allah.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar