Sabtu, 10 Agustus 2013

Renungan Pesta Santo Laurensius

Renungan Pesta Santo Laurensius
Bac I   : 2Kor 9: 6 – 10; Injil         : Yoh 12: 24 – 26

Sabda Tuhan hari ini mau berbicara tentang memberi. Dalam bacaan pertama yang diambil dari surat Paulus yang kedua kepada Jemaat di Korintus, Paulus mengajak untuk untuk hidup saling berbagi. Paulus menasehati jemaat di Korintus untuk tidak merasa takut rugi dengan memberi, karena “yang menabur sedikit, akan menuai sedikitjuga, dan yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.” (ay. 6). Karena itu, umat hendaknya merasa senang bila memberi.

Dalam Injil, memberi itu identik dengan melayani. Dalam melayani ini orang memberi dirinya sendiri bagi orang lain. Dan bentuk akhir pemberian diri adalah pengorbanan diri. Karena dengan pengorbanan diri yang total, orang “akan menghasilkan banyak buah.” (ay. 24). Untuk pengorbanan diri ini dibutuhkan semangat cinta yang terarah keluar dari diri sendiri, atau seperti kata Yesus dalam Injil “tidak mencintai nyawanya di dunia ini.” (ay. 25).

Hari ini Tuhan menghendaki kita untuk mau dan berani mendahulukan kepentingan sesama. Ini berarti kita mesti “mematikan” ego kita. Semangat mementingkan diri sendiri hanya membawa manfaat bagi diri sendiri. Padahal panggilan hidup kita adalah kebahagiaan sesama dan bersama.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar