Jumat, 05 Juli 2013

Renungan Hari Jumat Biasa XIII-C

Renungan Hari Jumat Biasa XIII, Thn C/I
Bac I   : Kej 23: 1 – 4, 19, 24: 1 – 8, 62 – 67; Injil      : Mat 9: 9 – 13

Ada yang menarik dalam bacaan pertama hari ini. Abraham meminta seorang hambanya untuk pergi ke tempat asalnya untuk mencarikan calon isteri bagi puteranya. Wanita itu harus berasal dari sana, tapi puteranya tidak boleh ke sana. Inilah yang menarik. Abraham berasal dari daerah itu. Ia keluar dari situ atas perintah Allah. Peristiwa keluarnya Abraham dari tempat asalnya dapat dimengerti sebagai keluar dari kehidupan lama. Dengan meninggalkan kehidupan lama, Abraham memiliki kehidupan baru. Kehidupan lama dapat diidentikkan dengan situasi keberdosaan. Abraham tidak ingin puteranya kembali kepada kehidupan lama. Sekalipun wanita, calon isterinya, berasal dari sana, tetap puteranya tidak boleh kembali kepada hidup lama (baca: berdosa).

Hal senada juga ditekankan Yesus dalam Injil hari ini. Sekalipun Yesus bergaul dengan orang berdosa, Ia tidak jatuh ke dalam dosa. Justru Yesus hendak menarik orang berdosa untuk tidak berdosa. Dan itulah tujuan kedatangan Yesus ke dunia ini.

Sabda Tuhan hari ini menghendaki kita untuk mengambil sikap dan teladan Abraham dan Yesus. Tuhan tidak melarang kita untuk bergaul dengan orang berdosa, tetapi Tuhan menghendaki agar kita tidak jatuh ke dalam dosa. Tuhan malah ingin agar kita menjadi alat-Nya untuk menarik orang-orang berdosa kembali ke jalan yang benar.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar