Senin, 14 Januari 2013

Renungan Hari Senin Biasa I-C

Renungan Hari Senin Biasa I, Thn C/I
Bac I : Ibr 1: 1 – 6; Injil       : Mrk 1: 14 – 20

Sabda Tuhan hari ini mau berbicara tentang bagaimana Allah menyampaikan rencana keselamatan-Nya kepada umat manusia. Dalam bacaan pertama, penulis Surat Kepada Orang Ibrani berkata bahwa "pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi," (ay. 1). Namun sekarang "Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya." (ay. 2). Jadi, Yesus benar-benar merupakan sabda Allah. Misi Yesus adalah menyampaikan rencana keselamatan Allah untuk manusia.

Dalam Injil dikisahkan bahwa Yesus memanggil Simon dan Andreas serta Yohanes dan Yakobus. Mereka mau dijadikan murid-Nya. Atau dengan istilah kasarnya: kaki tangan Yesus. Artinya, Yesus membutuhkan mereka untuk membantu Dia dalam menyampaikan rencana keselamatan Allah. Ini tampak dari pernyataan Yesus sendiri, "Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." (ay. 17).

Dari sabda Tuhan hari ini kita disadarkan bahwa sekalipun Allah Mahakuasa, Dia tetap membutuhkan kita untuk menyampaikan rencana keselamatan-Nya. Dengan sabda Tuhan ini Tuhan menghendaki kita untuk ambil bagian dalam tugas perutusan Yesus. Panggilan Yesus kepada Simon, Andreas, Yohanes dan Yakobus adalah juga panggilan kita. Yesus memanggil kita untuk mengikuti-Nya. Sakramen baptis yang kita terima merupakan penyatuan diri kita dengan tugas perutusan Yesus.

Pertanyaan sekarang: maukah kita menjawab panggilan-Nya?

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar