Senin, 01 Oktober 2012

Renungan Pesta St. Theresia Kanak-kanak Yesus

Pesta St. Theresia dari Kanak-kanak Yesus
Bac I : Yes 66: 10 – 14b; Injil      : Mat 18: 1 – 5

Hari ini adalah pesta Santa Theresia dari Kanak-kanak Yesus. Sabda Tuhan hari ini mau menggambarkan tentang sosok orang kudus ini. Dalam bacaan pertama diungkapkan relasi Allah dengan manusia. Di sana diungkapkan situasi relasi tersebut: gembira. Kegembiraan ini juga yang ditampilkan Santa Theresia dalam relasinya dengan Tuhan dan juga dengan sesama. Malah terhadap Tuhan, Theresia rela mau menjadi mainan bagi Tuhan. Yang penting Tuhan senang. Dan dia pun akan sedang. Dan dalam melaksanakan tugas-tugas hariannya, selalu Theresia dalam situasi bahagia.

Bacaan Injil mengungkapkan bahwa siapa saja yang mau menjadi terbesar, ia harus menjadi seperti anak kecil. Sikap seperti anak kecil inilah yang ditampilkan oleh Santa Theresia. Ia selalu tampil sederhana dan rendah hati. Oleh karena itu, ada pendapat yang mengatakan bahwa Santa Theresia adalah suster Karmelit terbesar abad XX.

Sabda Tuhan hari ini mau mengajak kita untuk mengikuti kehendak Tuhan dengan meneladani sikap dan teladan hidup Santa Theresia. Kita diminta untuk melakukan pekerjaan harian kita dengan gembira. Kita diajak untuk menebarkan senyum dan tawa kepada sesama, karena dengan demikian kita akan menciptakan kebahagiaan bagi sesama dan juga Tuhan. Kita diajak untuk mau merendahkan diri seperti anak kecil.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar