Jumat, 06 Juli 2012

Renungan Hari Jumat Biasa XIII - Thn II

Renungan Hari Jumat Pekan Biasa XIII B/II
Bac I    Am 8: 4 – 6, 9 – 12 ; Injil           Mat 9: 9 – 13

Injil hari ini berbicara tentang panggilan Matius. Namun yang menarik untuk direnungkan bukan peristiwa panggilan itu sendiri, melainkan jawaban Yesus atas tanggapan orang Farisi, “Bukan orang sehat yang membutuhkan dokter, tapi orang sakit.” Luar biasa!

Jawaban Yesus ini bukan cuma cerdas, tetapi juga sangat bijaksana. Jawaban itu menjadi menarik ketika kita lihat hidup Yesus itu sendiri, yang menjadi dasar lahirnya pernyataan itu. Yesus bergaul dengan para pemungut cukai. Bukan hanya bergaul, melainkan juga makan bersama pemungut cukai dan orang berdosa. Pemungut cukai adalah orang berdosa.

Hal ini menarik kalau kita kaitkan dengan Yesus. Yesus adalah kudus. Banyak orang sudah menilai Dia sebagai orang suci. Dan orang Farisi pun memegang pendapat itu. Nah, bagaimana mungkin yang suci itu berbaur dengan yang tidak suci. Inilah yang menjadi pertanyaan orang Farisi. Bagi mereka yang suci tetap yang suci, tidak bisa bergabung atau bercampur dengan yang tidak suci. Yang tidak suci harus tetap dipisahkan. Orang berdosa harus tetap disingkirkan.

Yesus membawa warta baru. Yang suci dapat bergabung dengan yang tidak suci asal yang suci jangan menjadi tidak suci. Bagi Yesus, pencampuran itu bertujuan agar yang tidak suci itu menjadi suci; penggabungan itu memiliki tujuan supaya yang berdosa menjadi tidak berdosa; yang tidak baik menjadi baik.

Sebenarnya Yesus mau mengembalikan manusia kepada jati dirinya yang semula atau mengajak manusia untuk kembali ke jati dirinya. Sejak awal mula manusia itu baik. Dari awal penciptaan manusia itu tidak berdosa. Setanlah yang menjerumuskan manusia ke dalam dosa. Nah, Yesus datang untuk menebus dosa umat manusia agar manusia tidak berdosa.

Dengan kata lain, bisa dikatakan bahwa Yesus mau mengingatkan manusia bahwa dirinya adalah baik dan tak berdosa. Jadi kalau saat ini kita tidak baik, maka kita harus bertobat dan menjadi baik; kalau kita saat ini berdosa, maka kita harus bertobat dan menjadi tidak berdosa. Untuk itulah Yesus datang ke dunia. Menebus dosa umat manusia dapat dimengerti mengajak manusia untuk sadar dan ingat bahwa jati diri manusia adalah tidak berdosa, sehingga jika ia berdosa maka dia terpanggil untuk bertobat.

By: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar