Selasa, 27 Maret 2012

Renungan Hari Senin Prapaskah V-B

Renungan Hari Senin Prapaskah V, B/II
Bac I       : Dan 13: 1 - 9, 15 - 17, 19 - 30, 33 - 62  ; Injil         : Yoh 8: 1 – 11

Sabda Tuhan kali ini mau berbicara soal keadilan. Ini tampak dalam bacaan pertama dan juga bacaan Injil. Keadilan yang mau ditampilkan di sini adalah keadilan dari Allah. Bacaan mau berkata bahwa Allah-lah sumber keadilan sejati itu. Di saat manusia tidak lagi menemukan keadilan pada sesama manusia, maka satu-satunya harapan adalah pada Allah.

Itulah yang dirasakan oleh Susana dan wanita yang kedapatan berbuat zinah. Cukup menarik jika dicermati dua kisah ini. Korbannya adalah wanita, padahal pelaku zinah adalah wanita dan pria. Di sini mau dikatakan bahwa wanita selalu menjadi korban ketidakadilan. Namun dalam pengadilan Tuhan, yang diwakili oleh Daniel (bacaan pertama) dan Yesus (bacaan Injil), keadilan ditegakkan dengan "menampar" kaum pria.

Pesan Tuhan pada kita lewat sabda-Nya adalah agar kita mau dan sanggup berlaku adil kepada siapa saja. Kita dipanggil untuk berjuang membela mereka yang lemah, namun bukan berarti menindas mereka yang kuat. Untuk itu, di masa prapaskah ini, senantiasa kita memohonkan kekuatan pada Tuhan agar kita dapat mengikuti teladannya dalam bersikap adil.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar