Rabu, 27 Desember 2017

Renungan Pesta St. Yohanes Rasul

Renungan Pesta St. Yohanes Pengarang Injil
Bac I 1Yoh 1: 1 – 4; Injil   Yoh 20: 2 – 8;
Hari ini Gereja Semesta bergembira merayakan pesta Santo Yohanes, Rasul dan juga Penulis Injil. Sebagai bentuk penghormatan kepadanya, bacaan liturgi hari ini diambil dari tulisannya. Inti tulisan Yohanes adalah soal kebangkitan Yesus Kristus. Dalam Injil dikisahkan tentang dua orang murid yang pergi ke kubur untuk menyaksikan warta Maria Magdalena tentang Tuhan yang bangkit. Jika Petrus hanya sekedar melihat apa yang dilihat mata, murid yang lain, yang diyakini adalah Yohanes, melihat dengan iman. Karena itu, “ia melihat dan percaya.” (ay. 8).
Peristiwa Yesus Kristus inilah yang menjadi pokok pewartaan para rasul, termasuk Yohanes. Karena itu, dalam suratnya yang pertama, yang menjadi bacaan pertama hari ini, Yohanes kembali menegaskan soal “Firman hidup” (ay. 1). Yohanes menyatakan bahwa dirinya pernah hidup bersama-sama dengan Yesus, yang adalah firman hidup tersebut. Di sini Yohanes mau mengatakan bahwa firman hidup itu membawa keselamatan bagi yang percaya.
Yohanes mewartakan apa yang pernah dilihat, dirasakan dan dialaminya. Di sini Yohanes hendak berbagi pengalaman agar orang lain juga dapat mengalami apa yang dialaminya. Melalui bacaan liturgi hari ini, Allah menghendaki agar kita bisa mengikuti teladan Santo Yohanes. Ketika kita mengalami kasih Allah, hendaklah jangan kita nikmati sendirian, melainkan haruslah kita bagikan kepada sesama. Hal ini senada dengan pesan Yesus, “Beritahukanlah segala sesuatu yang telah diperbuat Tuhan atasmu, dan bagaimana Ia telah mengasihimu.” (Mrk 5: 19)

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar