Jumat, 01 Mei 2015

Renungan Hari Jumat Paskah IV - B

Renungan Hari Jumat Paskah IV, Thn B/I
Bac I  Kis 13: 26 – 33; Injil                      Yoh 14: 1 – 6;

Hari ini bacaan pertama melanjutkan kisah pewartaan Paulus di rumah ibadah di Pisidia, Antiokia, di mana Paulus mewartakan sejarah keselamatan Allah. Puncak keselamatan Allah terjadi pada peristiwa paskah, yaitu kebangkitan Tuhan Yesus. Dalam pewartaan itu Paulus bukan hanya mau menegaskan bahwa Tuhan Yesus datang membawa keselamatan, melainkan juga bahwa semua hal itu sudah diungkapkan dalam kitab-kitab Perjanjian Lama. Bagi Paulus, keselamatan dalam Yesus Kristus merupakan pemenuhan janji Allah kepada nenek moyang bangsa Yahudi (ay. 32).

Injil hari ini kembali menegaskan bahwa pada Yesus ada keselamatan. Dalam Injil Tuhan Yesus memperkenalkan diri-Nya sebagai jalan, yang melalui-Nya orang dapat selamat. Keselamatan itu terlihat dalam ungkapan berjumpa dengan Bapa. “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (ay. 6). Melalui Injilnya ini, Yohanes mau menyatakan bahwa hanya berada dalam jalan itulah orang bisa sampai kepada keselamatan. Jadi, bukan hanya sekedar ada di dalam jalan, melainkan juga berjalan mengikuti jalan itu.

Melalui bacaan-bacaan liturgi hari ini, Tuhan kembali memberitahu kita bahwa dalam Yesus ada keselamatan. Tuhan Yesus adalah jalan keselamatan yang akan menghantar umat manusia masuk ke dalam kebahagiaan abadi bersama Allah. Akan tetapi, perlu disadari bahwa pengetahuan akan hal itu kurang berguna jika tidak diterapkan dalam kehidupan. Pengetahuan bahwa Tuhan Yesus adalan keselamatan, tidak berguna jika kita tidak berada di dalam-Nya dan mengikuti Dia.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar