Rabu, 11 Februari 2015

Mari Kenal Karakter Sendiri

MENGENAL KARAKTER ANDA
Berikut ini adalah tes psikologi sederhana untuk mengetahui karakter kepribadian kita. Salah satu syarat untuk bisa mengetahuinya adalah kejujuran. Hendaklah mengisi tes ini dengan jujur. Yang mengetahui diri kita adalah kita sendiri. Oleh karena itu, kejujuran mengenal diri sendiri akan membantu kita mengenal karakter kepribadian kita.

Sebelum memulai tes ini, perhatikan dahulu petunjuk ini. Nanti Anda akan memberi jawaban dengan angka, antara 1 – 4. Hanya satu angka saja. Angka 1 untuk gambaran yang paling tidak mendekati diri Anda; angka 2 untuk yang mendekati gambaran diri Anda; angka 3 mendekati gambaran diri Anda; dan angka 4 untuk gambaran yang sangat mendekati diri Anda. Secara sederhana bisa digambarkan sebagai berikut:
1 untuk “paling tidak pas”
2 untuk “sedikit pas”
3 untuk “pas”
4 untuk “sangat pas”

Setiap nomor memiliki 4 pertanyaan (a – d). Pada setiap pertanyaan itu, Anda dipersilahkan memberikan poin (1 – 4) yang sesuai dengan diri Anda. Misalnya, no. 1. a = 3         b = 1       c = 4       d = 3; 
no. 2. a = 2        b = 2        c = 4         d = 1; dst hingga no. 8.

Demikianlah petunjukkan. Jika Anda sudah paham dan siap memulai, maka silahkan kerjakan soal di bawah ini:

Pertanyaan 1
a.     ……… Saya memiliki kemauan yang sangat kuat dan keras kepala. Saya           akan melakukan apa saja untuk mendapatkan apa yang saya inginkan.
b.     ……… Saya tidak pernah santai/rileks. Saya selalu ingin bekerja walaupun waktunya sudah selesai
c.     ……… Saya lebih sering menunjukkan perilaku yang menyenangkan. Saya lebih banyak tertawa dan tersenyum daripada berwajah muram
d.     ……… Jika pertama kali bertemu dengan orang asing, biasanya saya akan merasa agak sungkan. Saya lambat menerima orang baru. Mula-mula saya akan menarik diri dan kemudian akan menyesuaikan diri secara perlahan-lahan.

Pertanyaan 2.
a. ……… Saya bertindak dengan cepat dan mandiri, dan suka mengerjakan sesuatu sendiri.
b. ……… Saya menunjukkan perubahan emosi yang jelas. Saya bertindak berdasarkan perasaan dan memiliki bakat untuk mengerjakan sesuatu dengan dramatis.
c. ……… Saya sering tampak tenang dan ramah. Saya umumnya memiliki reaksi yang tenang dan lembut terhadap suatu keadaan.
d. ……… Saya menyukai privasi dan kadang kala menyendiri dan jarang bergaul

Pertanyaan 3
a.     ……… Umumnya saya tidak memberikan tanggapan yang berlebihan atas kasih sayang yang ditunjukan kepada saya.
b.     ……… Saya umumnya optimis dan antusias dalam hamper setiap situasi.
c.     ……… Saya kurang aktif dalam mencoba hal-hal baru dan biasanya lebih suka melakukan hal yang telah saya ketahui dan kenal.
d.     ……… Saya mengajukan banyak pertanyaan dan lebih suka memikirkan sesuatu secara mendalam sebelum mengambil keputusan.

Pertanyaan 4
a.     ……… Saya seringkali sangat aktif. Saya suka menjelajah dan mencoba hal baru, dan suka mengambil resiko.
b.     ……… Saya mudah bergaul dengan orang dan suka berada di keramaian
c.     ……… Saya mudah bekerja sama dengan orang lain dan biasanya mudah cocok dengan orang lain.
d.     ……… Saya sering mengambil suatu pendekatan yang berhati-hati terhadap suatu hal atau keadaan yang baru

Pertanyaan 5
a.     ……… Saya terkadang sulit dipimpin dan sangat memilih terhadap siapa saya akan mengikuti.
b.     ……… Saya kerap berpindah dari suatu kegiatan ke kegiatan lain, sering tanpa menyelesaikan kegiatan itu.
c.     ……… Saya terkadang segera menyerah bila mendapat tekanan dan mungkin meniru perilaku, aturan dan sifat orang lain secara berlebihan
d.     ……… Level kegiatan fisik (tingkat aktivitas) saya biasanya telihat rendah atau rata-rata

Pertanyaan 6
a.     ……… Saya mudah marah dan memaksa untuk bisa mendapatkan yang saya inginkan
b.     ……… Saya tampil kurang rapi, berantakan dan/atau pelupa bila diminta mengerjakan sesuatu
c.     ……… Saya mengalami kesulitan untuk bisa menerima perubahan yang bersifat mendadak. Saya bisa bersikeras untuk mempertahankan keadaan agar tidak berubah. Saya menginginkan segalanya tenang dan damai.
d.     ……… Emosi saya umumnya terlihat lembut sehingga reaksi awalnya (yang tampak/eksternal) terhadap suatu keadaan yang tidak menyenangkan adalah dengan berdiam diri dan terkendali. Reaksi internalnya jauh lebih kuat.

Pertanyaan 7
a.     ……… Saya sangat menyukai persaingan
b.     ……… Saya sangat peduli dengan apa yang dikerjakan oleh orang lain
c.     ……… Saya tidak suka berkelahi dan menghindari pertentangan
d.     ……… Saya sering terlihat serius dan/atau sedih

Pertanyaan 8
a.     ……… Saya mengatakan apa yang saya pikirkan dan memberitahu apa yang saya inginkan. Saya bisa sangat kasar dalam mengatakan pada orang lain tentang siapa atau apa yang tidak saya suka.
b.     ……… Saya sangat gemar bercerita. Saya sangat suka menceritakan kepada orang lain mengenai prestasi saya dan kawan-kawan saya. Saya bisa agak memanipulatif dengan kemampuan saya meyakinkan orang lain untuk melakukan apa yang saya inginkan.
c.     ……… Saya biasanya lebih banyak mendengarkan daripada berbicara
d.     ……… Saya mengajukan banyak pertanyaan (sering yang rumit) mengenai hal-hal yang khusus dan meminta penjelasan atau jawaban yang detail atas pertanyaan saya.

Anda sudah menyelesaikan pertanyaan di atas. Sekarang cobalah Anda menjumlah semua nilai berdasarkan ketegori huruf. Misalnya, huruf a total semua nilainya berapa; b berapa; dan seterusnya sampai d.

Ketentuannya adalah sebagai berikut: Dua nilai yang paling banyak adalah kombinasi karakter Anda, sedangkan yang paling banyak adalah karakter dominan. Karakter itu ditunjukkan dengan simbol huruf tadi.
a.    untuk karakter koleris
b.    untuk karakter sanguinis
c.    untuk karakter plegmatis
d.    untuk karakter melankolis

Di mana posisi Anda?

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang gambaran karakter Anda yang dominan, silahkan klik di sini. Dan untuk mengetahui gambaran kombinasi karakter Anda, silahkan klik di sini.

Lebih lanjut tentang gambaran tentang melankolis, sanguinis, plegmatis dan koleris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar