Kamis, 01 Januari 2015

Melihat Gambaran Karakter

GAMBARAN KARAKTER ANDA
1.     Koleris
Ciri Umum : cenderung berpikiran keras dan pecaya diri; mudah bosan dengan terlalu banyak hal yang bersifat detail; menyukai ide yang baru dan inovatif.
Kekuatan   : keinginan sangat kuat, sangat yakin pada kemampuan diri, sangat mandiri, tidak suka diperintah orang lain, suka memberikan perintah, jika menjadi pemimpin paling tidak suka orang yang plin-plan, banyak bicara, tetapi tidak produktif.
Kelemahan : jika kelebihan digunakan berlebihan, orang terlihat bangga dan menunjukkan kekuasaannya, terkadang kurang bijaksana, kalau sudah marah bisa sangat kasar (sakartis), dapat menghancurkan orang lain hanya dengan kata-kata, penuh temperamen, mudah marah dan mudah memaafkan orang lain, bisa juga mudah melupakan kemarahannya.

2.     Sanguin
Ciri Umum : sangat mudah bergaul, people-oriented, kurang perhatian dengan yang detail dan cepat, bosan dengan yang detail; suka bersenang-senang dan banyak bicara.
Kekuatan   : dapat bersahabat dengan siapa saja, sangat peduli dengan orang lain, tampak tidak memiliki beban, selalu terlihat gembira dan bahagia, sangat menyenangkan untuk dijadikan kawan.
Kelemahan: sering tidak disiplin dan tidak menepati janji, rentang fokus pendek, sulit untuk mendengarkan orang lain, terlihat tidak stabil dan tidak disiplin, cenderung membesar-besarkan sesuatu, cenderung bertindak sebelum berpikir dan terkadang kurang tegas sehingga sering diperalat orang lain.

3.     Plegmatis
Ciri Umum : sangat dapat diandalkan tetapi membutuhkan lebih banyak rasa percaya diri, jika ditempatkan di posisi baru akan sangat mudah down, terlalu mudah menerima kata “tidak”, Anda pelu sedikit lebih memaksa.
Kekuatan   : mudah bergaul dan dapat diandalkan, teratur, efisien, menyukai rutinitas, praktis, tidak suka kejutan, konservatif, tipe diplomat, dapat melihat dari berbagai sudut pandang orang lain, bisa sangat sabar dan sangat humoris, bisa menjadi pemimpin hebat yang disenangi bawahan.
Kelemahan: bisa sangat takut dengan hal baru yang belum dikenal, bisa sangat plin-plan, tipe penonton – kurang inisiatif dan kurang aktif, lebih suka di belakang layar, kadangkala kurang bersemangat dan diam, jika tidak diberi penghargaan dan pengarahan, maka mereka menjadi frustasi dan menyerah.

4.     Melankolis
Ciri Umum : rapi dan efisien, lebih suka hal yang terencana daripada yang spontan, suka berpegang teguh pada ide/produk yang telah terbukti hasilnya, berorientasi pada data, fakta dan angka serta lebih menggunakan alasan daripada emosi.
Kekuatan   : sangat berbakat dan cerdas, penemu. pengembang gagasan sangat analitis, perfeksionis dan idealis, tidak kenal lelah menghasilkan pekerjaan yang baik dan tekun dalam mengejar cita-cita.
Kelemahan: sering terpusat pada diri sendiri, sering murung/berubah-ubah temperamen, dikenal dengan sebutan “pencari kesalahan”, suka berteori dan cenderung tidak bersosialisasi, sangat pendendam.

Itulah gambaran karakter Anda. Tidak ada yang sempurna. Setiap karakter memiliki kelemahan dan kekuatan. Dengan mengetahui kelemahan dan kekuatan, Anda bisa memanfaatkan semuanya itu demi terwujudkan karakter yang ideal. Anda dapat mengatasi kelemahan karakter Anda yang negative sehingga Anda bisa tampil sebagai pribadi yang menarik.

KENALILAH DIRI ANDA!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar