Rabu, 11 Februari 2015

Renungan Hari Rabu Biasa V - Thn I

Renungan Hari Rabu Biasa V, Thn B/I
Bac I    Kej 2: 4b – 9, 15 – 17; Injil              Mrk 7: 14 – 23;

Hari ini bacaan pertama masih diambil dari Kitab Kejadian, yang bercerita tentang penciptaan manusia. Ini merupakan kisah lain dari kisah penciptaan. Dikisahkan bahwa Allah membentuk manusia dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya (ay. 7). Kepada manusia ini Allah menyediakan taman Eden, dimana di sana ada tumbuh-tumbuhan yang menarik dan yang baik untuk dimakan, juga ada pohon pengetahuan baik dan jahat. Di dalam taman ini manusia bisa menikmati semua pohon kecuali pohon pengetahuan itu. Di sini tampak bahwa Tuhan selalu memberikan perintah yang jelas kepada manusia soal mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak.

Perintah jelas ini juga yang hendak ditampilkan dalam Injil hari ini, secara khusus perintah soal haram tidak haram berkaitan dengan makanan. Kepada para murid-Nya Tuhan Yesus menegaskan bahwa yang menajiskan itu bukan berasal dari luar (makanan), karena apapun yang dimakan, semuanya akan berakhir di jamban. Di sini Tuhan Yesus mau menyatakan bahwa “semua makanan halal.” (ay. 19). Apa yang merusak hati itulah yang haram atau menajiskan, karena dari hati timbullah hal-hal jahat seperti percabulan, pencurian, pembunuhan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, kesombongan, dll.

Tuhan selalu memberi perintah sebagai rambu-rambu untuk ditaati. Perintah Tuhan sebenarnya jelas. Ini harus dilakukan, yang itu jangan dilakukan. Ini boleh menajiskan, itu halal. Akan tetapi, manusia lemah. Kelemahan manusia ini terlihat dari ketidaktaatan mengikuti perintah atau mencoba mengaburkan perintah. Ketika Tuhan sudah menyatakan semua makanan halal, masih ada orang yang mengaburkannya dengan mengatakan yang ini itu haram. Melalui sabda-Nya hari ini, Tuhan menghendaki kita untuk tetap setia mengikuti perintah-Nya, karena kesetiaan itu akan mendatangkan keselamatan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar