KATEGORI KONSEP UMUM YG BERKEMBANG SELAMA MASA
AWAL KANAK-KANAK
Kehidupan
Anak-anak cenderung memberikan sifat
yang hidup kepada benda-benda mati seperti boneka dan boneka hewan. Orang dewasa
mendorong hal ini dengan menunjukkan persamaan antara benda hidup dan benda
mati seperti bentuk awan yang menyerupai anjing atau kuda.
Kematian
Anak-anak cenderung menghubungkan
kematian dengan sesuatu yang pergi tetapi biasanya tidak dapat mengerti apa
makna kematian.
Fungsi
Tubuh
Anak-anak, sebagai kelompok,
mempunyai konsep mengenai fungsi tubuh dan kelahiran yang kurang tepat. Hal ini
berlaku sampai anak masuk sekolah meskipun pada saatnya kesalahan konsep ini
akan diperbaiki melalui pelajaran mengenai kesehatan dan pendidikan seks.
Ruang
Anak usia empat tahun dapat menaksir
jarak yang dekat secara tepat tetapi kemampuan untuk menaksir jarak yang jauh
belum berkembang sampai masa akhir kanak-kanak. Dengan menggunakan petunjuk
yang dapat dimengerti anak-anak dapat belajar menentukan kanan dan kiri dengan
benar.
Berat
Sebelum anak-anak belajar bahwa
benda-benda yang berbeda mempunyai berat yang berbeda, jarang terjadi bahwa
sebelum usia sekolah, anak-anak memperkirakan berat benda sesuai dengan
besarnya benda.
Bilangan
Anak-anak yang mengikuti taman indria
atau taman kanak-kanak biasanya mengerti bilangan sampai lima. Konsep mengenai
bilangan di atas 5 masih sangat samar-samar
Waktu
Anak-anak belum mengerti tentang
lamanya waktu, misalnya berapa lamanya satu jam itu. Mereka juga belum dapat
memperkirakan waktu menurut kegiatan-kegiatan mereka sendiri. Kebanyakan anak
usia empat atau lima tahun mengerti tentang hari-hari dalam satu minggu dan
pada usia enam tahun mengerti bulan, tahun dan musim.
Diri
Sendiri
Pada usia tiga tahun kebanyakan anak-anak
mengerti jenis kelamin, nama lengkap dan nama berbagai anggota tubuhnya. Pada saat
ia mulai bermain dengan anak-anak lain, konsep diri mulai mencakup fakta
mengenai kemampuan dan rasnya namun belum mencakup tingkat sosial ekonominya.
Kesadaran
Sosial
Sebelum awal masa kanak-kanak
berakhir, kebanyakan Anak-anak dapat membentuk pendapat tentang orang lain,
apakah seseorang itu “baik” atau “jahat”, “pandai” atau “bodoh”, misalnya.
Keindahan
Kebanyakan anak muda lebih menyukai music
dengan nada atau irama yang pasti dan ia senang dengan bentuk-bentuk yang
sederhana, warna-warni yang cerah dan mencolok.
Kelucuan
Yang sering dianggap lucu adalah
wajah-wajah lucu yang dibuatnya sendiri atau orang lain, perilaku yang kurang
dapat diterima secara sosial dan kelekar mengenai binatang piaraan. Permainan kata-kata
juga dianggap lucu.
sumber: Elizabeth
B. Hurlock, PSIKOLOGI
PERKEMBANGAN: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (edisi 5).
Jakarta: Erlangga, 1980, hlm. 124
Tidak ada komentar:
Posting Komentar