Senin, 20 Januari 2014

Renungan Hari Senin Biasa II - Thn II

Renungan Hari Senin Biasa II, Thn A/II
Bac I   : 1Sam 15: 16 – 23; Injil   : Mrk 2: 18 – 22

Bacaan pertama mengisahkan dialog antara Samuel dan Raja Saul, yang baru saja selesai berperang. Samuel melihat ada kesalahan dalam perlakuan terhadap jarahan, karena tidak sesuai dengan kehendak Allah. Karena itulah, Samuel menegur Saul. Samuel mengingatkan Saul bahwa statusnya menjadi raja adalah berkat kemurahan Allah. Oleh karena itu, sudah sepantasnya Saul senantiasa mendengarkan dan mengindahkan suara Allah. Namun yang terjadi adalah ketidaksesuaian. Saul lebih memilih mendengarkan dan memperhatikan suaranya sendiri.

Hal senada disuarakan oleh Yesus dalam Injil. Menjawab pertanyaan orang tentang kebiasaan puasa yang tidak dilakukan oleh para murid Yesus. Para murid ada bersama dengan Yesus, karenanya mereka menyesuaikan dengan hidup Yesus. Mereka tidak pantas berlaku sesuai selera pribadi. Yesus memberi perbandingan dengan kain penambal dan baju (ay. 21) atau anggur dan kantong anggur (ay. 22).

Melalui sabda-Nya hari ini, Tuhan mengajak kita untuk menyadari panggilan hidup kita sebagai murid Yesus. Menjadi murid berarti kita senantiasa mengikuti apa yang disurakan atau diperintahkan Sang Guru. Sebagai murid Yesus, kita hendaknya selalu mengutamakan kehendak Tuhan daripada kehendak pribadi. Dengan melakukan kehendak-Nya, maka keselamatan menyertai kita.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar