Senin, 02 Desember 2013

Renungan Hari Senin Adven I - A

Renungan Hari Senin Adven I, Thn A/II
Bac I   : Yes 4: 2 – 6; Injil  : Mat 8: 5 – 11

Sabda Tuhan hari ini mau berbicara soal “Hari Tuhan”. Ada perbedaan gambaran dalam bacaan pertama yang diambil dari Kitab Yesaya dengan Injil. Dalam bacaan pertama Yesaya memberikan gambaran bahwa “hari Tuhan” itu hanya dinikmati oleh “orang-orang Israel yang terluput.” (ay. 2). Mereka ini adalah orang yang tetap setia kepada Allah Israel.

Berbeda dengan Injil. Yesus memberikan gambaran bahwa “hari Tuhan” itu tidak hanya dinikmati oleh orang-orang Israel. Lewat peristiwa penyembuhan hamba seorang perwira di Kapernaun, terungkaplah gambaran bahwa hari Tuhan akan dinikmati oleh orang lain juga. Yesus berkata, “Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga.” (ay. 11). Kuncinya ada pada iman.

Sabda Tuhan hari ini mau mengatakan kepada kita bahwa kita pun mempunyai hak untuk menikmati “hari Tuhan” itu. Namun Tuhan menghendaki agar kita tetap setia menunjukkan iman kita akan Tuhan. Sekalipun akan datang tantangan dan cobaan, janganlah iman itu pudar atau bahkan ditinggalkan. Kita harus setia pada iman kita. Kesetiaan itu membuat kita kelak pantas menikmati perjamuan bersama Abraham, Ishak dan Yakub di Sorga.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar