Selasa, 17 Desember 2013

Renungan Hari Selasa Adven III - A

Renungan Hari Selasa Adven III, Thn A/II
Bac I   : Kej 49: 2, 8 – 10; Injil     : Mat 1: 1 – 17

Injil hari ini menguraikan silsilah Yesus Kristus, mulai dari Abraham hingga Yusuf, ayah Yesus. Dari uraian itu tertulis nama Yehuda, yang merupakan anak dari Yakub, yang disebut juga Israel. Sebagaimana yang diketahui, Yakub mempunyai anak sejumlah 12 orang, yang kemudian dijadikan nama suku bangsa Israel. Dari keduabelas orang itu, garis keturunan Yehuda-lah yang menghadirkan Juru Selamat. Hal ini membuatnya menjadi istimewa dibandingkan yang lain.

Keistimewaan Yehuda sudah diramalkan Yakub. Dalam bacaan pertama diuraikan perkataan Yakub di hadapan anak-anaknya. “Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang, yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.” (ay. 10). Karena itulah, bacaan Injil meneguhkan ramalan Yakub atas diri Yehuda dan keturunannya, termasuk Yesus Kristus.

Banyak orang melihat Yesus hanya dari jaman Perjanjian Baru. Dari sini orang lantas mempertanyakan-Nya bahkan meragukannya. Untuk memahami Yesus, orang harus juga melihat-Nya dari jaman Perjanjian Lama. Yesus merupakan pemenuhan Perjanjian Lama. Kehadiran-Nya sudah dinubuatkan. Inilah yang hendak diwartakan sabda Tuhan hari ini. Dengan ini kita diajak untuk percaya dan semakin mengimani-Nya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar