Selasa, 22 Oktober 2013

Renungan Hari Selasa Biasa XXIX-C

Renungan Hari Selasa Biasa XXIX, Thn C/I
Bac I   : Rom 5: 12, 15b, 17 – 19, 20b – 21;  
Injil      : Luk 12: 35 38

Injil hari ini mau menyampaikan ungkapan berbahagia bagi mereka yang tetap beriman pada Tuhan. Orang seperti ini diungkapkan Yesus dengan istilah “pinggang tetap berikat dan pelita tetap bernyala.” (ay. 35). Orang-orang seperti ini senantiasa mengarahkan hidupnya kepada Tuhan, sehingga ketika tiba waktunya pun ia sudah siap. Yesus mengharapkan agar para murid-Nya seperti ini.

Ungkapan berbahagia pun mau disampaikan Paulus kepada jemaat di Roma dalam suratnya. Dasar untuk berbahagia ini adalah penyelamatan oleh Tuhan kita Yesus Kristus. Paulus melihat bahwa karena dosa satu orang, manusia terjerat oleh kuasa maut. Akan tetapi kita tak perlu merasa takut karena satu orang juga manusia terlepas dari jerat maut itu. Dia-lah Yesus Kristus.

Sabda Tuhan hari ini menyadarkan kita bahwa kita sudah diselamatkan oleh “satu perbuatan kebenaran” (Rom 5: 18) dan “oleh ketaatan satu orang” (ay. 19). Dia-lah Tuhan Yesus Kristus. Oleh Dia kita memperoleh kasih karunia. Tuhan, melalui sabda-Nya ini, menghendaki supaya kita senantiasa menaruh syukur dan hormat pada Yesus.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar