Jumat, 27 September 2013

Renungan Hari Jumat Biasa XXV-C

Renungan Hari Jumat Biasa XXV, Thn C/I
Bac I   : Hag 2: 19; Injil : Luk 9: 18 22

Dalam bacaan pertama hari ini, melalui Nabi Hagai, Allah memperkenalkan diri-Nya. Perkenalan ini berkaitan dengan Rumah-Nya yang dibangun umat Israel. Dari warta Nabi Hagai ini dapatlah disimpulkan bahwa Allah Israel itu maha hebat. Demi kemegahan Rumah-Nya, Dia dapat “menggoncangkan segala bangsa, sehingga barang yang indah-indah kepunyaan segala bangsa datang mengalir.” (ay. 7).

Dalam Injil hari ini juga Yesus, yang adalah Allah, memperkenalkan diri. Mewakili para rasul, Petrus berkata bahwa Yesus adalah “Mesias dari Allah.” (ay. 20). Akan tetapi, gambaran Allah dalam Injil berbeda dengan gambaran Allah bacaan pertama. Dalam Injil gambaran Allah dalam diri Yesus adalah Allah menderita, bukan Allah maha hebat dengan segala kemegahannya.

Melalui sabda Tuhan hari ini, kita dapat mengetahui bahwa Allah kita memiliki dimensi kuat dan lemah. Kuat dengan segala kemegahannya, dan lemah dengan penderitaannya. Karena itu, sabda Tuhan mengajarkan kita untuk tidak lari dari penderitaan. Allah saja memeluk penderitaan, kenapa kita harus takut. Gambaran Allah penderita mau menunjukkan solidaritas Allah pada manusia yang mengalami penderitaan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar