Rabu, 10 Juni 2015

Renungan Hari Rabu Biasa X - Thn I

Renungan Hari Rabu Biasa X, Thn B/I
Bac I  2Kor 3: 4 – 11; Injil                  Mat 5: 17 – 19;

Dalam Injil hari ini Tuhan Yesus menerangkan salah satu tujuan kedatangan-Nya. Ia mengatakan bahwa kedatangan-Nya di dunia adalah untuk menggenapi hukum Taurat dan Kitab Para Nabi, bukan melenyapkannya. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa Tuhan Yesus hendak membawa pembaharuan atas apa yang sudah ada. Yang sudah ada itu bisa disebut dengan Perjanjian Lama, dan Tuhan Yesus sendiri menjadi Perjanjian Baru. Yang sudah ada tetap dipelihara dengan penghayatan baru. Tuhan Yesus masih memberi penghargaan atas hal-hal yang lama. Karena itu, Ia meminta para pendengar-Nya untuk memperhatikan hal-hal yang lama, sekalipun yang paling kecil.
Bacaan pertama masih diambil dari Surat Paulus yang Kedua kepada Jemaat di Korintus. Dalam suratnya itu Paulus menyatakan dirinya bersama rekan-rekan seperjuangannya sebagai pelayan-pelayan suatu Perjanjian Baru. Paulus melihat pelayanannya sebagai pekerjaan Allah. Semua yang dilakukannya adalah demi kemuliaan Allah.
Kita adalah murid Tuhan Yesus. Kita hidup dalam perjanjian baru. Namun demikian Tuhan menghendaki supaya kita tidak mengabaikan perjanjian lama, sebaliknya kita diminta untuk tetap menghargainya. Roh kita adalah perjanjian baru. Kita terpanggil, sebagaimana Paulus, untuk menjadi pelayan perjanjian baru dengan cara menghidupi apa yang diajarkan Tuhan Yesus.***
by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar