Selasa, 03 Februari 2015

Renungan Hari Selasa Biasa IV - Thn I

Renungan Hari Selasa Biasa IV, Thn B/I
Bac I    Ibr 12: 1 – 4; Injil                  Mrk 5: 21 – 43;

Injil hari ini menampilkan dua mukjizat Tuhan Yesus. Yang pertama Dia menyembuhkan seorang wanita yang menderita sakit pendarahan selama 12 tahun. Kedua Tuhan Yesus membangkitkan putri Yairus. Awalnya anak Yairus ini sakit dan dia minta supaya Tuhan Yesus datang menyembuhkannya. Kedua mukjizat itu bisa terjadi karena kedua tokoh, yaitu wanita pendarahan dan Yairus, percaya bahwa Tuhan Yesus dapat menyembuhkan. Mereka percaya pada Yesus ada kesembuhan. Jadi, untuk menampilkan atau mewartakan hal ini, Injil menampilkan dua saksi.

Hal inilah yang direfleksikan penulis Surat kepada Orang Ibrani. Dalam bacaan pertama, penulis mengatakan bahwa kita mempunyai banyak saksi. Pernyataan penulis ini dapat dikaitkan dengan pesan Injil di atas. Jika Injil hanya menampilkan dua saksi, Surat kepada Orang Ibrani menegaskan ada banyak saksi. Semuanya mengacu kepada Tuhan Yesus. Saksi-saksi ini bertujuan agar kita percaya atau, seperti yang dikatakan penulis Surat kepada Orang Ibrani, supaya mata kita tertuju kepada Yesus.

Tentang Tuhan Yesus, kita mempunyai banyak saksi. Apa yang dikatakan dalam bacaan pertama, tidak hanya ditujukan kepada orang Ibrani saja, melainkan juga kepada kita saat ini. Kita memiliki banyak saksi tentang Yesus Kristus, baik yang ada dalam Kitab Suci maupun dalam riwayat hidup para kudus. Tujuannya sederhana, yaitu agar kita percaya kepada-Nya. Inilah yang Tuhan kehendaki pada kita. Dengan banyaknya saksi ini iman kita akan Yesus Kristus semakin diteguhkan. Beriman kepada-Nya berarti juga meninggalkan beban dosa dan berlomba dengan tekun dalam kebaikan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar