Selasa, 13 Januari 2015

Renungan Hari Selasa Biasa I - Thn I

Renungan Hari Selasa Biasa I, Thn B/I
Bac I    Ibr 2: 5 – 12; Injil                  Mrk 1: 21b – 28;

Hari ini Injil berkisah tentang tindakan Tuhan Yesus mengusir roh jahat. Diceritakan bahwa ketika berada di dalam rumah ibadat di Kapernaum, ada seorang kerasukan roh jahat. Dengan kuasa yang dimiliki-Nya, Tuhan Yesus menghalau roh jahat itu dari tubuh orang itu. Tubuh orang itu bergoncang-goncang dan akhirnya roh jahat itu keluar. Semua orang yang hadir di rumah ibadat itu merasa takjub atas peristiwa itu. Ketakjuban mereka adalah karena roh jahat  itu takluk pada perintah Tuhan Yesus.

Apa yang digambarkan Injil di atas sejalan dengan bacaan pertama. Dalam Surat kepada Orang Ibrani diungkapkan dengan sangat bagus refleksi penulis. Dikatakan oleh penulis bahwa Tuhan Yesus memiliki kekuasaan yang sangat besar. Segala sesuatu takluk kepada-Nya. Jadi, jika dalam Injil dikatakan roh jahat takluk kepada Tuhan Yesus, dalam Kitab kepada Orang Ibrani penulis menegaskan bahwa segala sesuatu takluk kepada Tuhan Yesus. Tuhan Yesus mempunyai kekuasaan.

Hari ini sabda Tuhan pertama-tama mau menyadarkan kita bahwa Tuhan Yesus memiliki kekuasaan yang sangat luar biasa. Dengan kekuasaan-Nya itu, Tuhan Yesus sanggup membantu kita mengatasi masalah kita. Inilah yang hendak diwartakan sabda Tuhan. Melalui sabda-Nya Tuhan menghendaki kita untuk datang dan menyerahkan persoalan hidup kita kepada-Nya. Dia akan membantu kita. Kuncinya adalah kita percaya kepada-Nya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar