Jumat, 02 Januari 2015

Renungan Hari Jumat Masa Natal II - B

Renungan Hari Jumat Masa Natal II, Thn B/I
Bac I    1Yoh 2: 22 – 28; Injil                        Yoh 1: 19 – 28;

Hari ini bacaan-bacaan liturgi diambil dari tulisan Yohanes. Bacaan pertama diambil dari Surat Yohanes yang Pertama. Dalam suratnya ini, Yohanes berbicara tentang kemunculan anti-kristus. Bagi Yohanes, anti-kristus ini sama saja dengan pendusta. Mereka tidak mengakui Yesus sebagai Kristus, atau meragukan keallahan Yesus. Menyangkal Yesus sama artinya tidak mengakui kemahakuasaan Allah. Di sini mau ditekankan kesatuan antara Allah Bapa dengan Yesus sebagai Allah Putera. Dasarnya adalah bahwa Yesus itu merupakan Sabda Allah (Bapa) yang menjadi daging (Yoh 1: 14).

Jika dalam bacaan pertama ditampilkan pendusta akan Yesus Kristus, Injil justru sebaliknya. Injil hari ini menampilkan sosok Yohanes Pembaptis yang memperkenalkan Yesus Kristus. Tentang Yohanes Pembaptis ini dikatakan bahwa ia tidak dusta. Sekalipun terkesan hebat, Yohanes Pembaptis tidak menyatakan diri sebagai Mesias, justru sebaliknya dia datang untuk menyiapkan jalan bagi Sang Mesias.

Sabda Tuhan hari ini berbicara tentang dusta dan jujur dalam iman. Melalui sabda-Nya Tuhan menghendaki kita untuk senantiasa jujur dalam iman. Kejujuran dalam iman menyiratkan adanya sikap rendah hati, sebagaimana ditampilkan dalam sosok Yohanes Pembaptis. Hanya orang angkuh saja yang suka berdusta. Kejujuran menjadi salah satu pilar penting dalam membangun relasi, baik itu dengan Tuhan maupun dengan sesama. Oleh karena itu, Tuhan juga menghendaki supaya kita bersikap jujur dalam kehidupan ini.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar