Jumat, 19 September 2014

Renungan Hari Jumat Biasa XXIV - Thn II

Renungan Hari Jumat Biasa XXIV, Thn A/II
Bac I    1Kor 15: 12 – 20; Injil                      Luk 8: 1 – 3;

Bacaan pertama hari ini, yang diambil dari Surat Paulus yang Pertama kepada Jemaat di Korintus, berisi tentang kebenaran kebangkitan Tuhan Yesus. Ada kesan bahwa pada waktu itu ada orang meragukan kebangkitan Tuhan Yesus. Mungkin keraguan ini berakar pada keraguan akan Yesus yang disalib. Akan tetapi, Paulus berusaha meyakinkan jemaat bahwa Yesus sungguh mati di kayu salib dan bangkit dari mati-Nya. Kebangkitan Yesus menjadi dasar bagi kebangkitan orang mati lainnya. Ini menjadi kepercayaan iman yang mendatangkan keselamatan. Jadi, bagi Paulus umat harus percaya dan tak perlu ragu lagi. Pusat kepercayaan itu ada pada Yesus. Kepercayaan ini membuat iman umat tidak sia-sia.

Injil hari ini menampilkan kisah Tuhan Yesus yang memberitakan Injil Kerajaan Allah dari kota ke kota bersama para rasulnya. Ikut bersama mereka adalah sekelompok perempuan. Dikatakan bahwa “perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.” (ay. 3). Pusat pelayanan mereka sebenarnya adalah Tuhan Yesus. Mereka menggunakan kekayaannya untuk melayani Tuhan Yesus. Hal ini mereka lakukan karena mereka percaya kepada Yesus Kristus. Jadi, kepercayaan kepada Yesus inilah yang melahirkan pelayanan.

Sangat menarik kalau merenungkan pesan Tuhan lewat sabda-Nya hari ini. Kepercayaan kepada Tuhan Yesus melahirkan pelayanan. Dalam pelayanan itu ada pengorbanan, karena seperti para perempuan dalam Injil itu, mereka menggunakan kekayaannya untuk melayani Yesus. Dengan perkataan lain, mereka menjual kekayaannya demi Tuhan Yesus. Semangat ini bertentangan dengan kebanyakan semangat murid Kristus dewasa kini. Banyak orang justru menjual Tuhan Yesus demi kepentingan diri. Tuhan Yesus dijual dalam kotbah-kotbah atau dalam proyek rohani sehingga mendatangkan uang demi kepentingan pribadi. Hal ini bisa terjadi karena mereka tidak percaya kepada Tuhan Yesus. Sabda Tuhan hari ini mengajak kita untuk percaya dan mau melayani Tuhan dengan segala yang kita miliki.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar