Senin, 19 Mei 2014

Renungan Hari Senin Paskah V - A

Renungan Hari Senin Paskah V, Thn A/II
Bac I   : Kis 14: 5 – 18; Injil          : Yoh 14: 21 – 26;

Pada renungan Sabtu Paskah IV sudah sedikit disinggung tentang dimensi lain dari Allah, yaitu Roh Kudus. Dalam Injil hari ini Yesus menyinggung juga soal Roh Kudus dalam pengajaran-Nya kepada murid-murid. Hal ini dikaitkan dengan tak lama lagi Yesus ada bersama mereka. Yesus menegaskan bahwa setelah Dia pergi, maka Roh Kudus, yang disebut juga Penghibur, “akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” (ay. 26). Roh Kudus tidaklah hadir dalam wujud manusia, melainkan roh atau spirit. Akan tetapi Roh Kudus hadir dalam diri manusia.

Spirit Roh Kudus inilah yang diperlihatkan Paulus dan Barnabas dalam bacaan pertama. Dikisahkan bahwa mereka disiksa dan dilempari batu, namun mereka tidak melawan dan tidak juga menyerah. Malah mereka menyingkir. Mereka menyembuhkan orang lumpuh tanpa berminat mencari popularitas. Apa yang mereka lakukan mengingatkan kita akan apa yang pernah dikatakan Yesus kepada para murid. Dan pengajaran mereka pun merupakan kelanjutan dari pengajaran Yesus.

Seperti yang kita ketahui, umat islam meyakini bahwa apa yang dikatakan Yesus tentang Roh Kudus ini merupakan bukti ramalan kedatangan Muhammad sebagai nabi pengganti Yesus Kristus. Ada banyak ahli menyibukkan diri dengan penelaahan istilah Roh Kudus yang memiliki kedekatan bunyi dan makna dengan nama Muhammad. Dalam Injil Yesus sudah memberikan patokan untuk menilai Roh Kudus itu, yaitu mengingatkan kita akan apa yang pernah diajarkan Yesus dan melanjutkan pengajaran-Nya. Dengan patokan ini kita bisa menilai apakah seseorang itu dikuasai Roh Kudus atau tidak.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar