Minggu, 19 Januari 2014

Renungan Hari Minggu Biasa II - A

Renungan Hari Minggu Biasa II, Thn A/II
Bac I   : Yes 49: 3, 5 – 6; Bac II    : 1Kor 1: 1 – 3;
Injil     : Yoh 1: 29 – 34

Bacaan pertama dan Injil hari ini memiliki keselarasan. Dalam bacaan pertama, Yesaya menubuatkan pesan Allah akan kedatangan Hamba Allah yang akan menyatakan keagungan Allah. Hamba Allah ini akan “menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi.” (ay. 3). Nubuat Nabi Yesaya ini terpenuhi dalam diri Yesus Kristus. Dalam Injil Yohanes Pembaptis memperkenalkan Yesus sebagai “Anak Allah” (ay. 34) dan “Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia.” (ay. 29). Dengan menghapus dosa dunia, maka keselamatan melanda dunia.

Paulus dalam suratnya yang pertama kepada umat di Korintus, yang merupakan bacaan kedua, kembali menegaskan kalau Yesus itu Tuhan. Oleh kehendak Allah itulah Paulus menjadi rasul Yesus (ay. 1). Namun Paulus mau menyampaikan kepada jemaat di Korintus dan juga jemaat masa kini akan konsekuensi menjadi murid atau pengikut Kristus. Bagi Paulus, kita telah dikuduskan oleh Kristus Yesus dan dipanggil menjadi orang-orang kudus (ay. 2). Oleh karena itu, tidak ada ruang bagi kita untuk kembali kepada kemanusiaan lama kita.

Hari ini sabda Tuhan, pertama-tama mau menegaskan akan keallahan Yesus Kristus. Keallahan-Nya sudah dinubuatkan sejak jaman Perjanjian Lama oleh para nabi. Oleh karena itu, Tuhan menghendaki supaya kita senantiasa percaya kepada-Nya. Percaya di sini dapat dimengerti sebagai hidup bersatu dengan Yesus Kristus. Seperti kata Paulus bahwa kita yang percaya telah dikuduskan oleh Kristus Yesus.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar