Jumat, 17 Januari 2014

Renungan Hari Jumat Biasa I - Thn II

Renungan Hari Jumat Biasa I, Thn A/II
Bac I   : 1Sam 8: 4 – 7, 10 – 22a; Injil   : Mat 19: 16 – 26

Ada yang menarik dari struktur dua bacaan liturgi hari ini. Dalam bacaan pertama ada dialog antara Samuel, sebagai wakil Allah, dengan orang-orang Israel. Orang Israel menyampaikan keinginan mereka akan adanya raja atas diri mereka, sehingga mereka sama “seperti pada segala bangsa-bangsa lain.” (ay. 5). Samuel tidak bisa langsung memutuskannya. Dia harus mengkomunikasikannya dengan Allah. Terlihat bahwa awalnya Samuel berkeberatan dengan keinginan warganya itu. Namun karena desakan, ia akhirnya mengabulkan.

Dalam Injil ada dialog antara Yesus dengan seorang pemuda kaya. Orang kaya itu menyampaikan keinginannya untuk hidup kekal (ay. 16). Yesus langsung memberikan jawaban, yang mengacu pada perintah Allah dalam Kitab Taurat. Orang kaya itu mengaku bahwa dirinya sudah melaksanakan perintah itu, namun ia masih merasa kurang. Akhirnya, Yesus menantangnya dengan sesuatu yang melekat dengan dirinya, yaitu harta kekayaan. “Juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin.” (ay. 21).

Terkadang kita suka memaksakan keinginan kita kepada Tuhan. Tak jarang juga kita merasa diri sudah berlaku baik. Sabda Tuhan hari ini mau menyadarkan kita untuk senantiasa bersikap rendah hati dan mengutamakan kehendak Tuhan dalam hidup kita. Tuhan menghendaki supaya kita tidak mengikatkan diri pada hal-hal duniawi, melainkan hanya kepada Tuhan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar