Senin, 21 Oktober 2013

Renungan Hari Senin Biasa XXIX-C

Renungan Hari Senin Biasa XXIX, Thn C/I
Bac I   : Rom 4: 20 – 25;  Injil      : Luk 12: 13 21

Dalam Injil hari ini Yesus mau mengajarkan tentang sikap terhadap kekayaan. Yesus menghendaki agar kita mempunyai sikap lepas bebas terhadap kekayaan. Sekalipun kita memiliki banyak kekayaan, hendaklah hidup kita tidak tergantung pada kekayaan itu (ay. 15). Karena itu, haruslah dihindari sikap tamak atau serakah. Lebih baik kita memiliki sikap berserah diri atau bergantung kepada Tuhan.

Sikap inilah yang dimiliki Abraham, sebagaimana disampaikan Paulus dalam bacaan pertama. Dalam suratnya kepada jemaat di Roma, Paulus melihat bahwa Abraham sangat bergantung pada Allah. Abraham yakin “bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan.” Karena itulah, ketika Allah meminta putera tunggalnya untuk diserahkan kepada Allah, Abraham mengikuti perintah Allah itu.

Manusia dewasa ini sudah dirasuki oleh materialisme sehingga menyebabkan ketergantungan dalam hidup manusia. Sabda Tuhan hari ini mengajak kita untuk bersikap lepas bebas dari kekayaan itu. Tuhan menghendaki agar kita tidak dikendalikan oleh nafsu kekayaan sehingga kita lupa akan Tuhan. Bukan berarti kita lantas anti kepada benda materi. Dengan memiliki sikap lepas bebas, kita dapat menggunakan kekayaan itu untuk kemuliaan Allah.


by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar