Kamis, 12 September 2013

Atasi Pilek dgn 6 Langkah

6 LANGKAH ATASI PILEK


Penyumbatan hidung mungkin berasal terjadi karena sejumlah penyebab yang berbeda, seperti udara dingin, pilek, masalah alergi, dan lain-lain. Untuk mengatasinya, Anda tak perlu terus-menerus minum obat. Ada beberapa cara alami lain yang bisa Anda lakukan. Salah satu cara sederhana adalah dengan tidur atau istirahat.

Sebab berlawanan dengan kepercayaan populer saat ini, membersihkan hidung meler terus-menerus dengan cara dikeringkan seringkali justru menyebabkan iritasi lebih lanjut. Berikut cara sederhana dan alami yang dapat Anda coba, seperti dilansir Boldsky, Kamis (8/8/2013):

1. Teh panas
Salah satu cara terbaik untuk memerangi penyumbatan hidung adalah minum teh panas. Asupan cairan hangat akan membantu melonggarkan dan mengurangi 'kemacetan' hidung tersumbat. Beberapa jenis teh tertentu bahkan memiliki manfaat tambahan untuk mengurangi hidung tersumbat dan peradangan, antara lain teh peppermint dan teh jahe.

2. Uap cuka
Untuk mengatasi penyumbatan hidung, Anda bisa menghirup uap. Cobalah dengan mengisi setengah ember dengan air panas dan menambahkan 3 sendok makan cuka. Tutup wajah Anda dengan selimut atau handuk dan biarkan Anda menghirup uapnya dan hidung tersumbat akan segera teratasi dengan baik.

3. Mandi air hangat
Mandi dengan air hangat merupakan salah satu cara rumahan terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat. Pastikan Anda tetap berada di kamar mandi hingga tidak ada uap panas yang tersisa. Hidung tersumbat akan segera diatasi oleh uap dan sensasi hangat yang Anda dapatkan dari mandi air hangat dan Anda akan merasa nyaman.

4. Makanan pedas
Makanan pedas bisa membantu Anda mengatasi hidung tersumbat karena membantu meningkatkan aliran lendir melalui rongga hidung. Setiap kali Anda mengalami hidung tersumbat, segera konsumsi makanan pedas. Namun perhatikan juga kesehatan pencernaan Anda, jika memang memiliki masalah dalam organ pencernaan maka sebaiknya dibatasi.

5. Bawang
Ambil bawang dan potonglah menjadi potongan-potongan kecil. Hiruplah aroma bawang mentah tersebut. Anda juga bisa meringankan hidung tersumbat dengan memakan bawang mentah.

6. Jus tomat
Tomat dianggap salah satu solusi rumahan terbaik untuk memerangi hidung tersumbat. Anda dapat membuat jus tomat istimewa untuk mengatasinya, rebus secangkir jus tomat bersama dengan 1 sendok makan bawang putih cincang, 1 sendok makan jus lemon, 1/2 sendok makan saus cabe, dan sejumput garam. Minumlah kombinasi ini saat masih hangat setidaknya 2 kali sehari untuk mengatasi hidung tersumbat Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar